Tips untuk Menjadi Penulis Pemula

Ingin Jadi Penulis? Ini Dia 12 Tips untuk Menjadi Penulis Pemula

Bila kamu ingin menjadi penulis tetapi tidak tahu apakah yang harus kamu kerjakan, berikut panduan yang dapat kamu coba. Tetapi ingat-ingatlah jika segala hal untuk sukses dan jadi penulis besar memerlukan proses yang tidak gampang. Harus ada harga yang dibayarkan di bumi ini, terhitung menjadi penulis. Inilah panduan menjadi penulis pemula yang perlahan-lahan mulai bisa kamu praktikkan.

1. Tetapkan apa yang ingin kamu catat

Panduan menjadi penulis pemula yang pertama ialah tetapkan apa yang ingin kamu catat. Apa berwujud puisi, cerpen, novel, artikel atau tulisan bebas yang inovatif. Apa tulisan itu memiliki sifat fiksi atau cerita riil, humor, bersedih atau romantis. Memiliki sifat mistis atau rohani?

Pikir bacaan apa yang sangat menarik kamu baca sejauh ini. Sepanjang belum tentukan karena itu kamu akan ketidaktahuan dengan yang semestinya kamu catat.

2. Latihan menulis

Langkah ke-2 ialah latihan. Tanpa latihan kamu tidak jadi pintar dalam sektor apa saja. Seorang olahragawan yang memenangi laga ialah olahragawan yang tetap latihan tiap hari. Sama dengan bersepeda, kamu akan selekasnya mengusai bila terus latihan. Begitu halnya menulis, makin kerap kamu menulis akan semakin lancar kamu tuangkan idemu ke kertas.

3. Cicipilah proses menulis

Jalani proses menulis penting agar kamu tidak cepat jemu dengan yang sedang kamu catat. Cicipilah, jangan sekalipun kamu berasa terbeban dengan pengucapan ‘aku harus nulis’, tetapi seharusnya berpikiranlah jika ‘aku nikmati waktu menulisku’, ‘aku suka dapat menulis’, ‘aku dapat berekspresif dengan menulis’.

4. Berekperimen

Kamu harus biarkan kebebasan untuk melakukan eksperimen saat menulis, maknanya kamu tidak harus terpusat pada satu jenis narasi saja. Ini adalah langkah untuk mengenal kekuatan kamu saat menulis, apa kamu lebih pas menulis jenis yang satu atau yang lain.

Kamu juga bisa keluar zone nyaman menulismu, contoh bila sejauh ini kamu menulis fiksi, kadang-kadang tulislah sebuah artikel. Ini akan tingkatkan keterampilan menulis kamu.

5. Tetapkan waktu menulis yang teratur

Ambil 1 sampai 2 jam dalam satu hari di antara aktivitasmu. Lebih bagus menulis sedikit dibanding tidak sama sekalipun. Ini akan membuat kamu lebih terlatih jadi penulis.

6. Baca semakin banyak buku

Satu hari minimal mengambil waktu untuk membaca buku, melihat informasi di TV atau informasi di internet. Ini akan membuat kosakata kamu semakin banyak dan membuat kamu ketahui mengenai info yang ngetren sekarang ini. Ingat kamu menulis maksudnya untuk dibaca seseorang, karena itu yakinkan jika apa yang kamu catat itu menarik.

7. Temukan wadah untuk menyimpan semua tulisanmu

Dapatkan buku catatan untuk simpan semua tulisanmu. Dengan demikian kamu dapat menyaksikan kembali apa yang telah kamu catat dan perkembangan apa yang kamu peroleh. Entahlah itu buku, computer, flashdisk atau website.

Kamu dapat pilih website untuk simpan semua beberapa karya yang kemungkinan telah kamu kirim dan termuat. Yang belum termuat seharusnya kamu taruh ke tempat yang lebih individu. Ingat gagasan ialah mahal, kamu tidak ingin kan seseorang mengambil tulisanmu?

8. Meminta rekan untuk membaca tulisanmu

Langkah termudah untuk ketahui apa tulisanmu telah nikmat untuk dibaca dengan minta temanmu membaca hasil karyamu. Minta anjuran dan opini darinya, tetapi tidak boleh sebal ya bila temanmu memberi komentar miring. Menjadikan itu sebagai pendongktrak semangatmu untuk menulis yang lebih bagus kembali.

9. Tulislah semua gagasan yang kamu peroleh

Bila kamu tiba-tiba tangkap gagasan cepat-cepatlah menulis semua gagasan itu dalam suatu buku, kertas atau catatan di HP. Tulislah saat sebelum gagasan itu musnah jika waktunya memungkinkannya.

10. Cari tutor saat menulis

Kadang kita membutuhkan seseorang untuk membagikan pengalman saat menulis. Tidak ada kelirunya kamu kenalan dengan penulis-penulis yang telah lebih senior untuk mengangsu pengetahuan. Saat ini ada beberapa penulis yang mempunyai media sosial, bertemanlah sama mereka.

Perhatikan postingannya, tirulah sedikit langkah mereka menulis. Ingat bukan plagiat lho! Berdialoglah sama mereka, kadang mereka suka kok share pengetahuan dengan penulis pemula. Bahkan juga ada yang melangsungkan pelatihan menulis gratis untuk beberapa penulis pemula.

11. Coba kirim ke media

Mengirimi ke media, baik koran, majalah, majalah electronic, bila tulisanmu sukses termuat dan menyaksikan ada namamu terukir di situ, itu akan membahagiakan! Belum juga bila ada honor yang kamu terima. Ini semakin lebih memicu semangatmu saat menulis. Coba kadang-kadang ikuti lomba menulis, ini akan membuat kamu terus semangat menulis, latihan dan ketahui seberapa jauh kekuatanmu.

12. Jangan putus asa

Pokoknya tidak boleh gampang berserah, bila karyamu rupanya belum sukses termuat. Coba catat yang lain dan kirim kembali. Belum termuat tidak berarti tulisanmu buruk kok. Siapa yang tahu cuma belum cocok dengan media yang kamu kirimi itu. Kemungkinan didalamnya kurang sesuai visi dan misi media itu. Selalu benahi tulisanmu hari untuk hari.

Pada dasarnya tidak ada ketentuan yang jelas saat menulis, cuma bila ingin tulisan kita dibaca oleh beberapa orang karena itu seharusnya kita pelajari gaya bahasa yang gampang dipahami. Panduan menjadi penulis pemula ini cuma untuk anjuran untuk kamu yang ingin mengawali menulis.

Banyak membaca, cari info dan meluaskan wacana dalam beragam sektor ialah satu kewajiban.

Julian Imron

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Ingin Jadi Penulis? Ini Dia 12 Tips untuk Menjadi Penulis Pemula yang dipublish pada 23 Juli 2022 di website Zehan-ID

Artikel Terkait