Connect with us

Artikel

Macam dan Jenis Kalender yang Belum Kalian Ketahui

Macam dan Jenis Kalender yang Belum Kalian Ketahui | Kalender merupakan alat yang masih sering digunakan hingga saat ini. Berbagai fungsinya masih belum tergantikan dengan hadirnya jenis kalender digital seperti yang terdapat pada gadget maupun desktop Anda. Selain sebagai alat penglihat hari dan tanggal, kalender sering digunakan oleh orang sebagai pengingat dalam perencanaan aktivitas.

Sejatinya, ada beragam jenis kalender yang digunakan di Indonesia saat ini. Meskipun jenis yang paling umum digunakan adalah kalender masehi. Kita harus tahu bahwa ada beberapa jenis yang juga aktif digunakan.

Jenis Kalender Berdasarkan Sistem Penanggalan

Kalender Hijriah

Kalender yang digunakan oleh umat islam untuk menentukan hari-hari yang berkaitan dengan ritual agama dan hari-hari penting keagamaan. Seperti periode puasa, idul fitri, idul adha, dan sebagainya. Di beberapa negara yang memiliki penduduk mayoritas muslim, kalender ini juga digunakan sebagai sistem penanggalan sehari-hari. Kalender hijriah menggunakan acuan dari peredaran bulan. Berbeda dengan kalender masehi yang menggunakan acuan peredaran matahari.

Kalender Jawa

Kalender yang digunakan orang jawa bersamaan dengan perpaduan kalender resmi dan kalender hijriah. Kalender jawa digunakan dipulau jawa, terutama sebagai ciri khas budaya dan sebagai tradisi yang dipertahankan. Penanggalan jawa memadukan sistem kalender islam, hindu, dan barat. Sistem yang dipakai memiliki dua siklus hari, yakni siklus mingguan yang terdiri dari tujuh hari dan siklus pekan yang terdiri lima hari pasaran.

Kalender Saka

Kalender saka merupakan sistem penanggalan yang berasal dari India. Sebelum masuknya Islam, masyarakat nusantara bagian barat yang mengikuti Hindu menggunakan kalender ini. Lalu dimodifikasi oleh beberapa suku masyarakat. Di bali dipadukan dengan sistem penanggalan lokal. Sedangkab di jawa dipadukan dengan penanggalan lokal, hijriah, dan barat.

Kalender Bali

Kalender bali merupakan sistem kalender yang digunakan masyakarat Hindu Bali. Penanggalan kalender ini berbeda dengan Kalender Saka India, namun sudah dimodifikasi dengan cara penanggalan lokal. Di Bali, kalender yang diberi tambahan unsur-unsur lokal dipakai sampai sekarang.

Kalender Masehi

Kalender ini didasarkan pada tahun yang secara tradisional diperhitungkan dari kelahiran Yesus dari Nazaret. Masehi dihitung sejak saat itu, sementara sebelumnya disebut sebagai SM atau Sebelum Masehi, untuk menunjukkan sebelum dimulainya M atau Masehi. Kalender ini digunakan secara luas di dunia termasuk Indonesia, untuk mempermudah komunikasi.

Kalender Sunda

Sistem penanggalan ini memiliki kemiripan dengan sistem kalender masehi. Namun memiliki nama-nama hari dan bulan yang berbeda. Jumlah hari dan minggu pun sama, sedangkan jumlah bulan ada yang 29 dan 30 seperti halnya kalender masehi.

Jenis Kalender Berdasarkan Bentuk

Kalender dapat dimanfaatkan perusahaan untuk mempromosikan bisnisnya, dengan Cetak Kalender dengan beberapa bentuk yang tersedia. Berikut adalah beberapa jenis kalender berdasarkan bentuk.

Kalender Dinding

Jenis Kalender Dinding

Kalender yang dikaitkan dengan spiral kawat atau klem di bagian atasnya supaya dapat digantung di dinding. Setiap bulan dapat ditampilkan secara terpisah di setiap halaman, sehingga cocok untuk menampilkan gambar-gambar selain angka kalender.

Kalender Poster

Jenis Kalender Poster

Jenis kalender yang menampilkan semua bulan di satu halaman dan dapat berfungsi sebagai hiasan rumah atau tempat kerja. Format ini sangat populer untuk menampilkan foto di kalender. Beberapa orang bahkan membuat kalender poster semata-mata untuk menampilkan foto. Misalnya foto kenangan favorit dan momen terbaik dengan keluarga dan teman.

Kalender Magnetic

Kalender yang bisa ditempatkan di kulkas, loker, lemari arsip, atau tempat yang sering diperiksa setiap hari lainnya. Ini dapat dijadikan dekorasi maupun cara terbaik untuk pengingat waktu di setiap aktivitas. Dengan kalender magnetic, dapat membantu supaya membantu keteraturan akan kepentingan rutin.

Kalender Kartu

Kalender kartu atau dikenal juga sebagai kalender saku merupakan alternatif yang baik untuk kalender mini. Biasanya memiliki ukuran seperti standar kartu nama, yaitu 9 x 5,5 cm. Karena dapat dimasukkan dengan rapi di dompet, tas kurir, dan tas kerja untuk referensi bila sewaktu-waktu diperlukan.

Kalender Meja

Kalender meja sangat populer dan bagus untuk ditempatkan di kantor ataupun rumah, dapat dipersonalisasi dengan ruang catatan untuk pengingat aktivitas dan keperluan sehari-hari. Orang-orang sering menaruh kalender ini di meja rumah atau di meja kerja ketika sedang melakukan pekerjaan sehari-hari.

Itulah beberapa jenis kalender berdasarkan sistem penanggalan dan bentuknya. Semua jenis kalender mempunyai fungsi yang sama, yaitu untuk membantu manusia mengatur jadwalnya. Namun, pastikan untuk menggunakan kalender yang tepat baik mengenai sistem penanggalannya ataupun bentuknya demi kenyamanan Anda sendiri Yuk Cetak Kalender Murah Di Percetakan Murah Surabaya.

Continue Reading
Advertisement
Click to comment

Leave a Reply

don't worry
be happy.

share with the world

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
%d bloggers like this: