oleh

Menu Makanan Untuk Bayi Penderita Alergi

Penderita alergi sering dihadapkan oleh dua pilihan yang sama-sama tidak mengenakkan. Pertama harus menghindari penyebab alergi makanan dengan mengkonsumsi makanan pengganti yang nilai gizinya tidak kalah bagus.

Pilihan lainnya adalah tetap mengkonsumsi makanan penyebab alergi tersebut tetapi harus mengalami siksaan gejala alergi yang sangat mengganggu dan harus terus mengkonsumsi obat anti alergi. Dari dua pilihan tersebut tampaknya menghindari penyebab alergi makanan adalah pilihan yang relatif lebih menguntungkan.

Menu Makanan Untuk Bayi Penderita Alergi

Karena makanan penyebab alergi pada umumnya bergizi tinggi, maka sebaiknya harus dicari makanan pengganti yang relatif aman yang nilai gizinya tidak kalah bagusnya. Misalnya, ayam dan telor diganti daging sapi, tahu dan tempe atau mentega diganti margarine dan seterusnya.

Sebagian besar penderita alergi dengan gangguan pencernaan akan mengalami kesulitan kenaikkan berat badan atau malnutrisi.

Perlu dilakukan penanganan pemberian diet yang teliti dan cermat di bawah pengawasan dokter alergi. Perencanaan menu makanan untuk harian dan mingguan harus dilakukan dengan baik.

Menu Makanan Bagi Penderita Alergi Makanan

Orang tua sering mengalami kebingungan karena merasa menu makan pada penderita alergi sangat terbatas sehingga sering timbul kebosanan. Bila kita cermat dalam menyusun menu makanan maka masalah pemberian makan pada anak anak alergi dapat diatasi tanpa harus mengurangi nilai gizi dan rasa masakan.

Bahan makanan untuk lauk pauk bisa terdiri dari semua organ sapi mulai dari daging, sumsum, otak, hati, buntut, paru, kulit, kaki dan lainnya. Ikan air tawar yang relatif aman adalah ikan lele, gurami, mujair, ikan mas atau mungkin ikan gurami.

Sedangkan ikan laut yang mungkin relatif aman adalah ikan salmon atau tuna. Susu yang dipakai bisa berupa susu soya (kedelai), susu sapi formula hipo alergi, atau susu sapi formula lainnya. Berikut ini Contoh Menu Mingguan Untuk Menciptakan Variasi Makanan yang bagik bagi anak alergi.

WAKTU

SENIN

SELASA

RABU

BANGUN TIDURSatu gelas susuSatu gelas susuSatu gelas susu
PUKUL 08:00Nasi goreng,  paru sapi  gorengMi  goreng /  mi rebusRoti tawar bakar isi selai strawberry
PUKUL 10.00Kue mangkukKue nagasariRoti Isi daging
SIANG HARINasi, Ikan mas  Goreng, Kripik Tempe, Sayur Asem, PepayaNasi, Otak sapi Goreng, Sup buntut sapi, krupuk, ApelNasi, krupuk kulit sapi, Soto betawi, buah pear
PUKUL 16.00Kolak ubi, kolang kalingBubur Beras merahBubur sumsum
MALAM HARINasi, Sate Hati Sapi,  Tempe bacem, Sup Bayam , Satu Gelas SusuNasi, otak sapi goreng, Tahu bacem, sup sayur, Satu Gelas SusuNasi, steak daging sapi, salad sayur, Satu Gelas Susu

 

WAKTU

KAMIS

JUMAT

SABTU

BANGUN TIDUR :Satu gelas susuSatu gelas susuSatu gelas susu
PUKUL 08:00Bubur daging sapiRoti tawar isi daging asapBubur menado
PUKUL 10.00Martabak tanpa telorArem-arem daging sapi Kue lapis tanpa coklat
SIANG HARINasi,Paru Goreng Tempe goreng, Soto madura, jus alpokatNasi, Siomay, Sup makaroni, krupuk kulit sapi, pepayaNasi, dadar jagung, Krupuk kulit sapi, Sup sayur, jus wortel
PUKUL 16.00Bubur sumsumBubur Beras merahBubur sagu
MALAM HARINasi, steak lidah , Sup, salad sayur, Satu Gelas SusuNasi, Hati sapi, tofu, bakmoy sapi, Satu Gelas SusuNasi, Sate Daging Sapi Tahu, Gulai sapi, Satu Gelas Susu

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed