oleh

Rekomendasi Perumahan di Gresik yang Bisa di Jadikan Investasi

Rekomendasi Rumah di Gresik yang Bisa di Jadikan Investasi, Anda bisa Kredit KPR maupun Pembelian Secara Cash di Perumahan ini.

Gresik sudah dikenal sejak abad ke-11 ketika tumbuh menjadi pusat perdagangan tidak saja antar pulau, tetapi sudah meluas keberbagai negara.Sebagai kota Bandar, Gresik banyak dikunjungi pedagang Cina, Arab, Gujarat, Kalkuta, Siam, Bengali, Campa dan lain-lain.

Sejarah Kota Gresik

Gresik mulai tampil menonjol dalam peraturan sejarah sejak berkembangnya agama islam di tanah jawa. Pembawa dan penyebar agama islam tersebut tidak lain adalah Syech Maulana Malik Ibrahim yang bersama-sama Fatimah Binti Maimun masuk ke Gresik pada awal abad ke-11.

Sejak lahir dan berkembangnya kota Gresik selain berawal dari masuknya agama islam yang kemudian menyebar ke seluruh pulau jawa,tidak terlepas dari nama Nyai Ageng Pinatih, dari janda kaya raya yang juga seorang syahbandar, inilah nantinya akan kita temukan nama seseorang yang kemudian menjadi tonggak sejarah berdirinya kota gresik.

Dia adalah seorang bayi asal Blambangan (Kanbupaten Banyuwangi) yang dibuang ke laut oleh orang tuanya, dan ditemukan oleh para pelaut anak buah Nyai Ageng Pinatih yang kemudian diberi nama Jaka Samudra. Setelah perjaka bergelar raden paku yang kemudian menjadi penguasa pemerintah yang berpusat di Giri Kedato,dari tempat inilah beliau kemudian dikenal dengan panggilan Sunan Giri.

Kota Gresik terkenal sebagai kota wali, hal ini ditandai dengan penggalian sejarah yang berkenaan dengan peranan dan keberadaan para wali yang makamnya di Kabupaten Gresik yaitu, Sunan Giri dan Syekh Maulana Malik Ibrahim.

Di samping itu, Kota Gresik juga bisa disebut dengan Kota Santri, karena keberadaan pondok-pondok pesantren dan sekolah yang bernuansa Islami, yaitu Madrasah Ibtida’iyah, Tsanawiyah, dan Aliyah hingga Perguruan Tinggi yang cukup banyak di kota ini. Hasil Kerajinan yang bernuansa Islam juga dihasilkan oleh masyarakat Kota Gresik, misalnya kopyah, sarung, mukenah, sorban dan lain-lain.

Semula kabupaten ini bernama Kabupaten Surabaya. Memasuki dilaksanakannya PP Nomer 38 Tahun 1974. Seluruh kegiatan pemerintahan mulai berangsur-angsur dipindahkan ke gresik dan namanya kemudian berganti dengan Kabupaten Daerah Tingkat II Gresik dengan pusat kegiatan di Kota Gresik. (dikutip dari https://gresikkab.go.id/sejarah/).

Perumahan Murah Gresik

Sebelum anda memikirkan untuk membeli rumah di kota gresuk Yuk, Ketahui dulu Ciri-Ciri Perumahan yang Ramah Lingkungan! yang kami kutip dari dekoruma.com.

Dengan segala permasalahan lingkungan yang ada mulai dari polusi, pencemaran lingkungan, hingga pemanasan global, nggak heran kini semua orang mulai berlomba-lomba untuk mengubah gaya hidupnya jadi lebih ramah lingkungan. Termasuk di dalamnya adalah tinggal di perumahan yang ramah lingkungan. Selain memiliki hunian pribadi yang ramah lingkungan, tentu penting juga untuk memastikan bahwa rumah yang kamu miliki juga berada di perumahan yang ramah lingkungan.

Tapi, seperti apa sebenarnya lingkungan perumahan yang ramah lingkungan? Apakah lingkunganmu sudah masuk ke dalam kategori perumahan yang ramah lingkungan? Yuk, simak ciri-ciri dan karakter dari lingkungan perumahan yang ramah lingkungan.

Perumahan yang Ramah Lingkungan Memiliki Kepadatan yang Tak Berlebihan dan Merata

Lingkungan yang terlalu padat identik dengan kekumuhan. Hal ini salah satunya disebabkan semakin padat lingkungan, maka akan semakin padat pula sistem utilitas di kawasan tersebut sehingga rawan terjadi ketidak teraturan pada sistem utilitas kawasan. Tentu ini sangat jauh dari kesan perumahan yang ramah lingkungan

Hal lain yang membuat lingkungan padat tidak masuk dalam kategori perumahan yang ramah lingkungan adalah gubahan massa bangunan yang terlalu berhimpitan karena terlalu padatnya lingkungan.

Bangunan-bangunan yang berhimpitan tersebut akan mempengaruhi sirkulasi udara dan pencahayaan dari lingkungan tersebut secara keseluruhan dan juga secara ruang personal setiap rumah. Biasanya, rumah-rumah ini bertipe rumah minimalis mungil

Setiap rumah di lingkungan yang padat pasti memiliki pencahayaan natural yang buruk serta sirkulasi udara yang tidak baik. Hal ini memicu penggunaan energi berlebihan. Nggak jarang, penggunaan lampu dan pendingin ruangan di daerah seperti ini cenderung boros. Solusinya, bisa dengan menggunakan lampu LED yang terkenal lebih hemat listrik.

Mempunyai Sistem Pengolahan Limbah yang Terintegrasi

Konsep ramah lingkungan identik dengan daur ulang. Hal ini juga harus diterapkan pada perumahan yang ramah lingkungan, semua limbah yang dihasilkan oleh perumahan harus diolah secara bijak. Apalagi, limbah rumah tangga yang dihasilkan lingkungan perumahan nggak kalah banyak dan memiliki potensi yang sama mencemari lingkungan.

Pengolahan limbah pada perumahan yang ramah lingkungan bisa dimulai dengan pemilahan jenis-jenis sampah rumah tangga. Mulai dari pemisahan yang bisa didaur ulang, yang bisa dijadikan kompos, hingga yang harus dimusnahkan.

Selain sampah, limbah air juga memerlukan pengolahan yang cukup serius. Sirkulasi jalur air kotor lingkungan yang baik, ketersediaan penampungan, hingga pusat pengolahan limbah-limbah harus dijadikan prioritas.

Bekerja, Tinggal, dan Rekreasi Bisa Dilakukan di Satu Lingkungan

Perumahan yang ramah lingkungan juga harus memiliki aksesibilitas dan ketersediaan fasilitas-fasilitas penunjang yang baik. Seseorang yang tinggal di perumahan yang ramah lingkungan seharusnya bisa menuju tempat kerja cukup dengan berjalan kaki atau bersepeda.

Nggak cuma bekerja, fasilitas publik seperti taman, pasar, klinik, pertokoan juga harus bisa diakses dengan berjalan kaki dengan mudahnya. Umumnya, perumahan yang ramah lingkungan sangat rendah tingkat paparan polusinya.

Perumahaan dengan Pedestrian dan Sirkulasi Jalan yang Baik

Untuk menunjang aksesibilitas perumahan yang ramah lingkungan yang telah kita bahas sebelumnya, sudah selayaknya jika perumahan yang ramah lingkungan juga didukung dengan ketersediaan jalur pejalan kali yang memadai dan nyaman.

Jalur pejalan kaki yang memadai dan nyaman pada perumahan yang ramah lingkungan juga akan mendorong penghuninya untuk lebih memilih berjalan kaki daripada menggunakan kendaraan pribadi. Akhirnya, mereka pun cenderung menjalani gaya hidup yang sehat dengan berjalan kaki dan makan makanan sehat.

Selain ketersediaan jalur pedestrian, sebuah perumahan yang ramah lingkungan juga harus memastikan jalur tersebut terhubung dengan baik serta memiliki interkoneksi yang memadai untuk menjangkau setiap fungsi dan area yang ada di dalam perumahaan yang ramah lingkungan.

Hal ini juga berlaku untuk jalur kendaraan bermotor. Aksesibilitas internal yang baik ini bertujuan mengurangi tidak efisiennya sirkulasi yang berakibat pada tidak efisiennya penggunaan energi.

Perumahan yang Ramah Lingkungan Memiliki Akses menuju Transport Publik yang Terjangkau

Meskipun perumahan yang ramah lingkungan harus bisa menjangkau setiap fasilitas dengan berjalan kali, tentu tetap ada beberapa kebutuhan penghuni perumahaan yang berada jauh dari kawasan perumahan yang ramah lingkungan. Untuk itu, perumahan yang ramah lingkungan juga harus terintegrasi dengan layanan transportasi publik.

Layanan transportasi publik pada perumahan yang ramah lingkungan ini harus mudah diakses dengan berjalan kaki. Transportasi publik ini juga terintergrasi dengan berbagai pilihan rute dan transportasi publik lainnya sehingga memudahkan penghuni untuk mencapai suatu lokasi.

Dengan kemudahan ini, penghuni perumahan yang ramah lingkungan diharapkan lebih memilih menggunakan transportasi publik guna menghemat energi dan juga mengurangi polusi akibat penggunaan kendaraan pribadi.

Memiliki Ruang Terbuka Hijau Memadai dan Mudah Diakses

Perumahan yang ramah lingkungan juga ditandai dengan tersedianya ruang terbuka hijau yang memadai. Ruang terbuka hijau pada perumahan yang ramah lingkungan berfungsi tidak hanya sebagai area serapan air, tetapi juga mengatur sirkulasi udara, mengendalikan polusi udara, hingga menjaga kelembaban udara dari lingkungan perumahan yang ramah lingkungan agar lebih nyaman.

Ruang terbuka hijau juga juga kerap dijadikan ruang komunal bagi para penghuni perumahan yang ramah lingkungan sehingga keberadaannya harus mencukupi kebutuhan aktivitas para warga dan juga mampu diakses dengan mudah.

Sebagai alternatif, tanaman hias atau terarrium bisa digunakan bagi kamu yang lebih menyukai tanaman berukuran kecil. Buat kamu yang suka berkebun, membuat taman rumah yang cantik.

Kembali pada Penggunaan Produk Lokal

Menggunakan produk-produk lokal dalam membangun rumah dan fasilitas dalam perumahan yang ramah lingkungan adalah salah satu cara mengurangi penggunaan energi yang tidak efisien karena distribusi barang atau produk yang berasal dari luar lingkungan perumahan.

Distribusi produk-produk dari luar ini akan meninggalkan jejak karbon yang tidak baik untuk kelestarian lingkungan.

Dengan menggunakan produk lokal, secara tidak langsung perekonomian masyarakat sekitar perumahan yang ramah lingkungan juga ikut terangkat. Dengan membaiknya perekonomian, mewujudkan perumahan yang ramah lingkungan tentu menjadi lebih mudah.

Mandiri dalam Hal Energi

Pada tingkat yang lebih lanjut, perumahan yang ramah lingkungan juga mulai mandiri dalam hal penggunaan energi. Energi ini tentu energi terbarukan yang ramah lingkungan. Pengunaan panel surya dan pembangkit listrik lainnya seperti kincir air atau kincir angin kini mulai digalakan guna menghasilkan energi yang lebih ramah lingkungan.

Perumahaan yang Ramah Lingkungan Perlu juga Pengolahan Air

Seperti yang telah dibahas di awal, pengolahan limbah pada perumahan ramah lingkungan adalah salah satu ciri dasar dari perumahan yang ramah lingkungan. Salah satunya adalah limbah air. Pengolahan limbah air bersih juga sama pentingnya dengan pengolahan limbah air kotor.

Tidak semua lingkungan bisa memiliki sumber air sehingga memerlukan distribusi air dari lingkungan lain. Pendistribusian air ini tentu membutuhkan energi yang tak sedikit. Maka dari itu, perputaran air di dalam lingkungan perumahan yang ramah lingkungan haruslah bersifat siklik, dimana air yang digunakan harus kembali lagi pada lingkungan untuk diolah dan digunakan kembali.

Keberadaan kolam retensi dan pengolahan air bersih bisa menjadi solusi. Penggunaan air tanah bisa saja dilakukan untuk menghasilkan air bersih, namun cara ini bisa dikatakan tidak terlalu ramah lingkungan.

Itulah beberapa karakter dan ciri dari perumahan yang ramah lingkungan. Kamu sendiri bisa berkontribusi mewujudkan lingkungan perumahan yang ramah lingkungan dengan memulainya dari rumahmu sendiri. Salah satunya dengan menghemat air dan listrik serta menggunakan produk dan furniture berkualitas yang ramah lingkungan!

Kredit KPR Perumahan di Gresik

Jangan Asal Ambil Kredit Rumah, Ini 3 Cara Tepat Pilih KPR Terbaik, Punya rumah sendiri adalah impian setiap orang, tak terkecuali bagi Yunus, karyawan berusia 25 tahun. Sudah sepekan ini, Yunus getol scrolling situs jual beli rumah online alias melihat-lihat harga rumah di daerah kota Gresik dari ponsel pintarnya.

“Cari rumah sudah kayak cari jodoh aja. Tidak bisa cepat dan butuh kesabaran. Pas ketemu yang cocok, harganya mahal banget. Giliran ketemu harga OK, eh lokasinya enggak cocok,” curhatnya kepada Cermati.com.

Diakuinya, harga rumah tapak berlokasi strategi di pinggiran Jakarta tak lagi murah. Namun, fakta tersebut tak mengurungkan niatnya untuk punya rumah sendiri. Meskipun gajinya pas-pasan dan masih lajang, pria asli kelahiran Jawa Tengah ini mempercayai bahwa tinggal di rumah sendiri jauh lebih menyenangkan ketimbang indekos.

Harga Perumahan Gresik

“Cita-cita saya memang ingin punya rumah sendiri. Sudah 5 tahun ini saya indekos dan harga sewa kosan terus naik. Lebih baik saya cari rumah lalu belinya pakai KPR. Buat saya, bayar cicilan rumah sendiri jauh lebih baik karena rumah itu jadi aset milik saya,” ungkapnya.

Membeli rumah secara KPR (Kredit Pemilikan Rumah) adalah cara terbaik bagi seseorang dengan kemampuan finansial pas-pasan atau tak punya cukup uang untuk membeli rumah secara tunai. Hanya saja, memilih KPR terbaik ternyata tak mudah bagi semua generasi di zaman now.

Menyoal KPR, Yunus mengakui jika dirinya masih awam dengan produk KPR. “Saya lihat banyak iklan KPR dari sosial media. Banyak promo menggiurkan seperti promo bunga murah. Tapi, jujur saja saya masih ragu, apa benar cicilannya bisa ‘murah’ terus? Ujarnya.

Sekilas cerita Yunus diatas bisa jadi sama dengan cerita hidup Anda. Memilih rumah dan KPR terbaik memerlukan strategi khusus agar keuangan tidak sekarat. Hindari asal pilih KPR supaya Anda selamat dari ‘jebakan Batman’ bunga KPR, yang kelihatannya ‘rendah’ tapi sebenarnya ‘tinggi’.

Buat Anda yang berniat beli rumah nyicil pakai KPR, wajib perhatikan dulu 3 hal ini agar selamat dari jebakan bunga KPR. Berikut tips memilih KPR terbaik dari Cermati.com.

Hindari Jebakan Bunga Rendah

Marak penawaran KPR bunga rendah, tapi cicilan belum tentu murah Pahami tentang bunga KPR. Ada dua jenis suku bunga KPR yakni tetap (fix) dan mengambang (floating). Bedanya, bunga fix adalah suku bunga yang nilainya dipatok tetap di tingkat tertentu selama masa kredit berjalan.

Sedangkan, bunga floating adalah bunga yang nilainya bisa berubah-ubah mengikuti aturan suku bunga acuan Bank Indonesia.

Anda perlu berhati-hati dengan maraknya penawaran KPR murah berbunga rendah. Seringkali konsumen tak menyadari jebakan bunga KPR, seperti promo bunga yang terlihat ‘rendah’ tapi justru lebih ‘tinggi’ setelah dihitung-hitung keseluruhan.

KPR dengan bunga fix rendah tapi periode pendek, bukan jaminan cicilan KPR akan lebih murah. Sebagai contoh, KPR bank X menawarkan promo bunga rendah fix 6% selama cicilan 2 tahun pertama.

Lalu, di tahun ketiga, Anda sudah diharuskan membayar cicilan KPR dengan floating rate yang berlaku. Sudah pasti cicilan lebih tinggi dari 2 tahun sebelumnya, dan jika dihitung menyeluruh, Anda justru merugi.

Bunga KPR rendah diawal bukanlah solusi. Cara yang jauh lebih baik dan menguntungkan Anda yaitu pilihlah produk KPR yang memberikan suku bunga rendah dengan masa hitungan bunga fix yang panjang seperti KPR CIMB Niaga Xtra Ringan dengan bunga 6,65% fix untuk 5 tahun. Anda bisa menikmati cicilan murah, fix lima tahun. Lumayan, kan?

Ukur Kemampuan Finansial, Lakukan Simulasi Cicilan

Ukur kemampuan cicilan KPR agar keuangan tetap sehat. Bagi Anda yang mau beli rumah, ingat besaran cicilan KPR harus disesuaikan dengan kemampuan finansial. Cara mengukurnya ialah dengan melakukan simulasi cicilan KPR dulu sebelum terjadi ‘akad’ atau menyetujui pinjaman KPR. Dari sini Anda bisa cek kemampuan finansial seperti biaya cicilan KPR per bulan, biaya-biaya tambahan KPR, biaya denda atau telat bayar, dan lain sebagainya.

Saat cek simulasi hitungan cicilan KPR, usahakan agar besaran cicilan tidak lebih dari 30% dari total penghasilan. Biar makin untung, pilih KPR yang menawarkan fitur bebas biaya. Contohnya, produk KPR CIMB Niaga Xtra Ringan yang memiliki fitur bebas biaya provisi, biaya admin, dan lain sebagainya.

 Cek Kredibilitas Developer Properti / Pengembang Gresik

Poin ketiga yang penting untuk diperhatikan ialah cek kredibilitas developer atau pengembang agar Anda tak tertipu. Sederhana saja, cek kredibilitas developer bisa dilihat dari rekam jejak properti pada tahun-tahun sebelumnya, seperti berapa lama developer tersebut berkecimpung di dunia properti dan berapa banyak proyek yang telah berhasil dilakukan.

Biar aman, Anda bisa pilih developer rekanan bank KPR. Cara ini mempermudah Anda melakukan pengecekan. Tengok saja, KPR CIMB Niaga yang telah bekerjasama dengan developer properti ternama seperti Sinarmas Land, Ciputra dan Jaya Property. Jadi, Anda tak perlu khawatir ketipu developer abal-abal.

Rekomendasi Perumahan di Kota Gresik

Setelah membahas panjang lebar tentang sejarah kota gresik dan sedikit tips tentang kredit perumahan atau biasa di sebut KPR, Berikut kami informasikan rekomendasi perumahan di kota gresik, yuk langsung saja..

  • Perum Bhakti Pertiwi Wetan (BP Wetan)
    Jl. BP Raya, Kramatandap, Sidokumpul, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61111
  • Perumahan Kartini City Home
    Jl. R.A. Kartini, Injen Barat, Sidomoro, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61122
  • Perumahan Tanjung Permai Regency
    Jl. Kapten Dulasim Perum Tanjung Permai RegencyJegong, Jegong, Pulopancikan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61112
  • Perumahan Graha Bunder Asri
    Jl. Raya Permata, Kembangan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124
  • Darussakinah Regency
    Yosowilangun, Kec. Manyar, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61151
  • Ahsana Regency
    Ahsana Regency, Kedanyang, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124
  • Perumahan Jati Regency
    Kebomas, Kembangan, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124
  • Perum Graha Kembangan Asri
    Jl. Kutilang IV No.4, Gn. Malang, Randuagung, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61121
  • Perumahan Graha Adelia Gresik
    Jl. Veteran VII, Injen Timur, Gapurosukolilo, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61122
  • Perumahan Graha Kembangan Asri (GKA)
    Jl. Dr. Wahidin S.H., Gn. Malang, Randuagung, Kec. Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124
  • Green Prambangan Residence
    Jl. Mayjend Sungkono, Prambangan, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124
  • Regency Mayjend Soengkono
    Alamat: Jalan Perum Mayjend Soengkono, Sekarkurung, Kec. Kebomas, Kabupaten Gresik, Jawa Timur 61124

Tentang Penulis: Zehan ID

Gambar Gravatar
Zehan.ID Merupakan Situs Opini dan Review segala hal yang sedang viral saat ini, temukan beragam artikel menarik yang bisa anda peroleh disini

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed