oleh

Viral Wali Murid Suruh Guru Merangkak di Depan Siswa Usai Anaknya Dihukum

Berita Viral – Mendapat hukuman dari guru karena melakukan kesalahan, umum dialami anak-anak di sekolah. Tapi, bagaimana kalau orang tua murid malah meresponsnya secara berlebihan?

Baru-baru ini, viral sebuah video di media sosial yang menunjukkan seorang guru wanita disuruh merangkak di depan para muridnya. Diduga, guru tersebut disuruh oleh orang tua salah satu siswa.

Viral Wali Murid Suruh Guru Merangkak di Depan Siswa Usai Anaknya Dihukum (Ilustrasi)
Viral Wali Murid Suruh Guru Merangkak di Depan Siswa Usai Anaknya Dihukum (Ilustrasi)

Dalam video tersebut, terdengar suara wanita yang berbahasa Melayu. Ia berbicara kepada dua orang guru yang berada di kelas dengan nada tinggi, seperti sedang marah. Video ini pertama kali diunggah oleh pemilik akun Facebook Nurhidayaty Maidin. Peristiwa ini terjadi di salah satu sekolah dasar di Malaysia.

Menurut Maidin, wanita tersebut tidak terima anaknya mendapat hukuman dari guru itu. Sehingga, ia mencoba membalas guru tersebut dengan menyuruhnya merangkak di depan para murid.

Viral Wali Murid Suruh Guru Merangkak di Depan Siswa Usai Anaknya Dihukum

Betapa kasarnya dia melakukan itu pada seorang guru. Dia harus mendidik anaknya jika dia tidak ingin anaknya dihukum,” tulis Maidin yang HaiBunda kutip pada Sabtu (29/02/2020).

Memang ada anak yang mendramatisir masalah, kita sebagai orang tua harus tetap tanyakan baik-baik ke anak apa masalahnya. Jika kurang clear, kita bisa tanyakan pada temannya. Lalu, kita perlu guru lain untuk menjembataninya,” jelas Sani.

Jadi, kalau anak mendapat hukuman dari guru, jangan langsung tersulut emosi ya. Tanyakan baik-baik apa permasalahannya. Beberapa murid mengikuti sang guru merangkak mengelilingi kelas. Tapi, wanita tersebut marah dan melarang murid-murid mengikuti gurunya merangkak.

Seorang guru memiliki reputasi dan standar untuk ditegakkan. Faktanya, mereka seperti orang tua kita. Bagaimana seseorang bisa memiliki hati yang tidak beradab?” kata Maidin.

Namun, video tersebut sudah dihapus oleh Maidin lantaran banyak orang yang menyebut konten itu terlalu sensitif. Ia meminta agar pemerintah Malaysia segera bertindak mengatasi kasus ini.

Ketika anak berbuat kesalahan, sudah sewajarnya ia mendapatkan hukuman kan, Bun? Begitu pula dengan hukuman yang diberikan oleh guru.

Menurut psikolog anak, Sani Budiantini Hermawan, Psi, supaya tidak kesal dengan hukuman yang diberikan guru, Bunda perlu tahu peraturan yang diterapkan sekolah.

Orang tua juga perlu tahu apa masalah yang menyebabkan anak dihukum oleh guru. Sebagian anak memang suka mendramatisir masalah. Nah, supaya Bunda enggak langsung marah kepada guru, lebih baik tanyakan langsung kepada anak, temannya, atau guru lain.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed