oleh

Unair Bikin Aplikasi untuk Pengobatan Paliatif Pasien HIV/AIDS

Surabaya, Mahasiswa Unair Bikin Aplikasi untuk Pengobatan Paliatif Pasien HIV/AIDS, Mahasiswa Fakultas Sains dan Teknologi Universitas Airlangga (FST UNAIR), Hendriyan Ogivano bersama dengan tim menciptakan aplikasi untuk membantu pengobatan paliatif pasien HIV/AIDS yang diberi nama “Med Buddies HIV/AIDS Medication Partner”.

Aplikasi tersebut dapat membantu pasien untuk menjadwalkan minum obat secara teratur.

“Kami membuat suatu aplikasi untuk membantu pengobatan paliatif pasien HIV/AIDS karena seringkali teman-teman penderita HIV/AIDS tidak minum obat secara rutin,” ujar mahasiswa Sistem Informasi tersebut, Jumat, 10 Januari 2020.

Tim Hendriyan antara lain Najibullah Ulul Albab mahasiswa FST, Rizki Jian Utami mahasiswa Fakultas Keperawatan (FKp), Rahmatul Habibah (FKP), dan Asih Parama Anindhia (FKP).

Menurut Hend, sapaan akrabnya, ada beberapa tahap yang dilakukan dalam penelitian tersebut. Di antaranya yakni brainstorming, mencari solusi dan implementasi ke dalam sistem aplikasi. Tahap brainstorming, lanjutnya, dilakukan untuk mencari akar permasalahan.

“Tahap awal yaitu melakukan brainstorming berulang kali untuk menemukan pokok masalah, lalu melakukan solusi dari permasalahan tersebut secara tepat. Setelah itu baru implementasi ke dalam sistem aplikasi,” tutur mahasiswa angkatan akhir tersebut.

Hend mengatakan, dalam prosesnya, waktu menjadi salah satu kesulitan. Hal tersebut karena sulitnya mencari waktu yang tepat untuk brainstorming yang dilakukan secara berkali-kali.

“Kesulitannya mungkin masalah mencari waktu yang tepat karena brainstorming dilakukan berkali-kali dan teman-teman juga waktu kosongnya tidak sama,” tutur dia. Dikutip dari Liputan6.com

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed