Jenis-Jenis SEO yang Perlu Kamu Tahu

Jenis-jenis SEO – Jika kamu baru mulai membuat website atau blog, pasti kamu akan sering mendengar istilah SEO. Istilah yang satu ini memang sering di temukan ketika kamu diskusi mengenai blogging baik di group maupun situs forum. Karena pada dasarnya SEO adalah sebuah langkah untuk optimasi website supaya bisa muncul pada hasil pencarian.

Jadi bisa di bilang website atau blog tanpa melakukan langkah SEO akan sangat sulit untuk muncul pada hasil pencarian. Maka tidak heran jika jika di setiap pembahasan mengenai blogging, istilah SEO selalu di sebutkan karena memang SEO adalah bagian yang sangat penting dalam mengembangkan sebuah website atau blog.

Website apapun baik itu website berita, blog pribadi, website perusahaan maupun toko online pasti akan membutuhkan SEO sebagai langkah optimasi agar website yang di kelola bisa muncul di mesin pencari. Di dalam hal ini adalah mesin pencari Google, karena memang Google menguasai hampir 80% pangsa pasar.

Jika berbicara soal SEO itu sendiri maka akan membutuhkan waktu yang lama untuk menjelaskannya, karena memang cakupan SEO itu sangat luas dan butuh waktu lama untuk memahami itu semua. Namun untuk mempermudahnya, SEO di bagi menjadi beberapa jenis. Nah, di artikel kali ini kita akan membahas jenis-jenis  SEO yang perlu kamu ketahui.

Pengertian SEO

SEO atau Search Engine Optimization merupakan sebuah tindakan untuk mengoptimasi website dengan tujuan untuk mendapatkan ranking teratas pada hasil pencarian. Dengan mendapatkan peringkat yang tinggi, maka potensi untuk mendapatkan banyak traffic organik juga akan semakin besar.

Selain bisa mendapatkan traffic yang tinggi, SEO juga akan membantu kamu dalam mendapatkan traffic yang tepat. Dengan begitu kamu tak hanya berfokus pada traffic yang tinggi saja, melainkan juga pada traffic yang sesuai dengan target dari bisnis kamu.

Namun untuk bisa mendapatkan traffic yang tinggi dan sesuai target tidaklah sembarangan, karena kamu perlu mengikuti aturan-aturan yang telah di tetapkan oleh algoritma Google. Kenapa harus Google? Alasannya karena Google adalah mesin pencari yang paling sering di gunakan dan tentunya memiliki peluang yang lebih besar untuk mendapatkan traffic dari sana.

Jenis-jenis SEO

Setelah kamu memahami apa itu SEO, berikutnya kamu juga harus mengetahui jenis-jenis SEO. Terdapat dua jenis SEO, yaoti SEO On Page dan SEO Off Page keduanya memiliki peran yang sama pentingnya dan saling berkaitan. Sehingga kamu wajib untuk menerapkan keduanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Nah, di kutip dari situs Matadigital.id berikut ini penjelasan dan perbedaan dari kedua jenis SEO tersebut.

SEO On Page

SEO On Page adalah sebuah upaya untuk mengoptimasi SEO yang di lakukan dari dalam atau internal website kamu. Beberapa langkah dalam optimasi SEO on page di antaranya adalah permalink, judul artikel, struktur artikel, heading, internal link, kecepatan website hingga tema yang di gunakan.

SEO Off Page

Berbeda dari SEO on page, SEO off page justru mengharuskan kamu untuk mengoptimasi SEO dari luar alias eksternal website kamu. Jadi mengoptimasi website dan konten yang ada di dalamnya tidaklah cukup. Ada banyak faktor di luar yang sangat mempengaruhi kualitas SEO website kamu.

Salah faktor yang akan mempengaruhi kualitas SEO website kamu adalah inbound link atau sering di sebut dengan backlink. Backlink menjadi salah satu indikator bahwa konten di website kamu menjadi rujukan dari website lain. Semakin banyak website berkualitas yang merujuk ke konten kamu maka akan semakin baik pula kualitas SEO website kamu. Google akan menilai website kamu adalah website yang kredibel dan tentu akan meningkatkan traffic sekaligus peringkat website kamu.

Selain dengan cara natural, yaitu memperoleh backlink dari website lain tanpa kita menghendakinya. Ada juga cara lain yang masih sering di gunakan dan juga aman yaitu dengan mencari blog atau website yang menerima guestpost. Selain itu, kita juga bisa mendapatkan backlink berkualitas dengan cara membelinya dari penyedia jasa backlink murah yang dapat di temukan di internet dan situs forum maupun grup seputar blogging.

Nah, itulah pembahasan mengenai jenis-jenis SEO lengkap dengan penjelasannya. Meski terkesan ribet dan rumit namun dengan mengetahui jenis-jenisnya kamu tentu akan jadi lebih mudah dalam mempelajarinya.

 

Zehan ID

Zehan.ID Merupakan Situs Opini dan Review segala hal yang sedang viral saat ini, temukan beragam artikel menarik yang bisa anda peroleh disini

Artikel Terkait