oleh

Kenali Jenis Tenda dan Fungsinya Jika Kamu Suka Camping

Kenali Jenis Tenda dan Fungsinya Jika Kamu Suka Camping, Tren wisata petualangan kembali berkembang belakangan. Aktivitas naik gunung, trackking di hutan, atau menyisir wilayah pantai sedang digandrungi para penyuka jalan-jalan, khususnya millennials.

Salah satu tren yang sedang berkembang belakangan dari mencuatnya aktivitas outdoor adalah kegiatan berkemah atau camping.

Jenis Tenda dan Fungsinya

Bagi anda pecinta alam tentunya hobi banget dengan kegiatan satu ini yaitu Camping. Perlengkapan wajib yang harus dibawa saat Camping tentunya tenda bukan? Tenda merupakan tempat pelindung yang terdiri dari lembaran kain atau bahan lainnya yang menutupi dan melekat pada kerangka tiang atau menempel pada tali pendukung.

Beberapa tenda tidak perlu berdiri di atas tanah karena ada beberapa model tenda yang menggantung di pohon atau di tebing. Mengingat betapa pentingnya sebuah tenda Camping bukan berarti anda asal pilih dalam menggunakan tenda Camping.

Anda juga harus memastikan bahwa jenis dan fungsi tenda tersebut pas dan nyaman saat digunakan untuk berteduh, apalagi jika anda berada di alam terbuka. Tentunya lebih memilih tenda yang praktis, aman, dan bisa dibawa kemana-mana.

Sejak beberapa tahun terakhir camping sering dipilih sebagai aktivitas liburan. Nggak harus tergabung dalam klub pecinta alam, cukup dengan mengunjungi area perkemahan dan membawa peralatan lengkap.

Tenda sudah tentu jadi barang yang wajib dibawa. Nah, jenis tenda ini ternyata beragam lho! Tiap jenis memiliki fungsinya masing-masing, kamu sudah tahu belum? Simak di bawah ini,  jenis dan fungsi lengkap beserta penjelasan fungsinya.

Tenda dome

Tenda yang paling sering kamu temui di Indonesia adalah jenis dome. Dinamakan dome karena bentuknya memang seperti kubah, dengan tiang rangka yang melengkung dan mudah dibongkar-pasang.

Jenis tenda ini juga paling banyak dijual di pasaran. Hampir semua toko peralatan kegiatan outdoor pasti menjual tenda dome. Harganya pun sangat ramah di kantong. Favoritnya para mahasiswa pecinta alam nih!

Tenda pop-up dome

Jenis berikutnya adalah modifikasi dari tenda dome, jauh lebih praktis dan mudah proses pemasangannya. Cocok banget buat para pendaki pemula, tapi nggak disarankan untuk kegiatan kemah di pedalaman atau kondisi cuaca buruk.

Dalam posisi terlipat, tenda pop-up dome sangat ringkas dan ringan. Sesuai namanya, “pop-up” berarti langsung membentuk begitu dibuka. Semudah itulah mendirikan tenda ini, tinggal buka lipatannya dan pasang satu kait lalu siap dipakai.

Tenda ridge

Siapa yang dulu aktif mengikuti kegiatan pramuka di sekolah? Pasti akrab nih sama jenis dan fungsi yang satu ini. Setelah didirikan, tenda ridge membentuk segitiga seperti visualisasi tenda pada umumnya.

Desainnya yang klasik ini bikin tenda ridge mulai jarang dipakai. Tapi untuk kegiatan kemah bersama rombongan atau pramuka, tenda ridge tetap jadi pilihan utama. Susunan rangkanya paling kokoh, karena di tiap sudut dipasangi pasak.

Tenda tunnel

Jika berencana camping bersama rombongan tapi nggak jago mendirikan tenda ridge, maka jenis tunel adalah solusi tepat buat kamu. Sesuai namanya, tenda ini memang berbentuk seperti terowongan. Rangkanya melengkung dengan ruang luas memanjang.

Baca Juga : Harga Terbaru Sewa Tenda di Tegal Untuk Acara Pernikahan dan Lainnya

Bagian depannya dilengkapi penutup tambahan yang bisa menahan terpaan angin atau debu. Sayangnya, tenda tunel cukup berat dibanding jenis dome atau ridge. Jadi lebih menyulitkanmu saat berjalan kaki menuju lokasi camping.

Tenda quick pitch

Berikutnya adalah jenis dari tenda yang merupakan bentuk modifikasi dari pop-up dome. Tenda quick pitch memang sesuai dengan namanya, proses pemasangan relatif lebih cepat dan praktis.

Bagian rangka tenda terintegrasi satu sama lain, sehingga saat dilepas akan menutup dengan sendirinya seperti payung. Tapi ada kekurangannya nih, tenda jenis quick pitch punya harga yang relatif mahal dibanding jenis lain.

Tenda udara

Mau tenda yang lebih simpel lagi dan nggak perlu tiang penyangga? Ada jenis dan fungsi tenda udara, yang proses pemasangannya memang cukup dengan memompakan angin ke dalamnya. Cocok buat kamu yang malas berurusan dengan susunan rangka penyangga tenda.

Ruang di dalamnya cukup lebar, tapi sayangnya masih sulit ditemukan di Indonesia. Harganya pun relatif mahal dengan bobot yang cukup berat dalam posisi terlipat.

Tenda geodesi

Dari segi bentuknya, tenda geodesi mirip seperti jenis dome dan pop-up dome. Bedanya, tenda ini jauh lebih kuat dengan struktur rangka tambahan yang dipasang menyilang. Cocok banget digunakan di cuaca ekstrem dan medan perkemahan yang berat.

Tapi tenda ini nggak cocok digunakan untuk camping seru-seruan bareng keluarga atau rombongan. Biasanya dipakai untuk ekspedisi ke pedalaman atau jelajah ke wilayah ekstrem.

Tenda lonceng

Ini dia tenda yang paling trendy di antara semua jenis dan fungsi tenda. Bentuknya memang mirip lonceng, sesuai dengan nama yang disematkan. Bahannya kanvas dengan satu tiang penyangga di bagian tengah yang difungsikan sebagai panel.

Sayangnya tenda jenis lonceng hanya bisa digunakan saat musim panas atau cuaca cerah. Nggak direkomendasikan untuk kegiatan camping di alam liar. Lebih aman untuk acara festival perkemahan atau bermain-main saja di pekarangan rumah.

Tenda vis-a-vis

Pernah nggak membayangkan ada tenda yang punya sekat di tengahnya? Jadi seperti rumah dengan dua kamar, tenda jenis vis-a-vis punya 3 ruangan di dalamnya. Dua ruangan tertutup di kanan-kiri, dan satu ruang kosong sekaligus pintu masuk di bagian tengah.

jenis dan fungsi ini memang belum familiar di Indonesia, karena harganya relatif mahal, berat dan pemasangan agak rumit. Tapi buat kamu yang ingin camping bersama teman dan tetap ingin mendapat ruang privasi, tenda vis-a-vis adalah pilihan tepat.

Gimana, sudah ada gambaran mau membeli tenda jenis apa? Sudah tahu akan pergi ke mana dengan tenda yang seperti apa? Silahkan langsung saja berkemas dan selamat menikmati alam bebas! jenis dan fungsi diatas bisa menjadi referensi anda untuk memilih jenis dan fungsi tenda yang dapat anda gunakan dalam kegiatan Camping.

Asal jangan mencari tenda biru ya!

 

Artikel ini sudah tayang di : https://blog.reservasi.com/jenis-tenda-dan-fungsinya/

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed