Mari Pahami Tentang Premi Asuransi dan Tujuannya

Ketika Anda akan mendaftar asuransi, terdapat sejumlah hal yang perlu untuk Anda perhatikan, salah satunya adalah premi. Nah, Anda sudah tahu tentang apa itu premi?

Sebelum membeli sebuah produk asuransi, sebaiknya Anda pahami dulu mengenai apa itu premi asuransi. Secara sederhana, premi merupakan pembayaran wajib dengan berkala dari pemegang polis ke pihak perusahaan asuransi.

Selain itu, tujuan dari diadakannya premi asuransi juga penting untuk diketahui. Sama halnya dengan pilihan produk asuransi yang salah satunya penting untuk dimiliki, yaitu asuransi kesehatan.

Mendapatkan asuransi kesehatan di sini, di Indonesia, yang terbaik cukup mudah karena banyak perusahaan asuransi yang menawarkan jenis asuransi ini. Jadi, Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan membayar premi.

Apa yang Dimaksud dengan Premi?

Di dalam dunia asuransi, premi merupakan salah satu komponen paling penting. Premi adalah beberapa uang perlu untuk dibayarkan nasabah tertanggung ke pihak perusahaan asuransi.

Dengan kata lain, premi adalah biaya ditanggung serta perlu dibayarkan nasabah dalam jangka waktu yang tertentu sesuai dengan kesepakatan yang sebelumnya. Umumnya, sistem pembayaran premi yakni bulanan, tapi hal itu kembali lagi pada perusahaan serta kesepakatan yang terjadi di awal.

Jika merujuk ke UU No 40 Tahun 2014, premi merupakan beberapa uang ditetapkan oleh perusahaan asuransi ataupun perusahaan reasuransi serta disetujui pemegang polis untuk dibayarkan berdasarkan pada perjanjian asuransi ataupun perjanjian reasuransi, atau beberapa uang ditetapkan berdasarkan pada ketentuan peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar program asuransi wajib untuk dapatkan manfaat.

Tujuan dari Premi

Setelah Anda mengetahui mengenai apa itu premi, mungkin Anda merasa penasaran mengenai tujuan bayar premi, bukan?

Nah, agar lebih paham, di sini akan dirangkum sejumlah tujuan premi, seperti:

Mendapatkan Pemerataan Biaya

Tujuan dari premi adalah untuk dapatkan pemerataan biaya. Maksud dari dapatkan pemerataan biaya di sini berarti nasabah atau pemegang polis.

Anda tak akan bayar ataupun ganti biaya penuh atas semua kerugian ataupun masalah yang mungkin dialami.

Memperoleh Jaminan Perlindungan

Sebagian orang menilai jika fungsi premi merupakan sebagai jaminan proteksi atas berbagai macam risiko yang mungkin dialami oleh mereka.

Oleh sebab itu, tujuan dari bayar premi adalah untuk dapatkan jaminan itu sebagai bentuk untuk selalu mawas diri.

Jenis-Jenis Premi

Ada banyak jenis asuransi yang perusahaan asuransi tawarkan dan umumnya perorangan. Beberapa jenis premi yakni sebagai berikut:

Premi Asuransi Kesehatan

Salah satu jenis premi yakni premi asuransi kesehatan, yakni premi dengan berbagai manfaat seputar kesehatan seperti biaya untuk rawat inap, operasi, persalinan, perawatan gigi, sampai rawat jalan.

Besaran premi perlu dibayarkan biasanya mulai dari ratusan ribu serta bisa disesuaikan batasan pertanggungan dipilih.

Premi Asuransi Jiwa

Jenis kedua premi adalah premi asuransi jiwa. Premi ini adalah premi dengan manfaat agar bisa mendapatkan uang pertanggungan untuk para ahli waris yang ditunjuk sesuai dengan kesepakatan.

Semakin tinggi uang pertanggungan, maka semakin besar juga premi perlu untuk dibayarkan oleh Anda. Dengan kata lain, besaran dari uang pertanggungan akan memengaruhi besaran premi Anda.

Premi Asuransi Pendidikan

Berikutnya adalah salah satu premi yang menjadi favorit masyarakat, yakni premi asuransi pendidikan. Premi ini berikan jaminan untuk pendidikan di masa depan anak.

Sekarang ini banyak orangtua yang sadar jika biaya pendidikan kian tinggi setiap tahunnya. Oleh karena itu mempunyai asuransi pendidikan diperlukan sekali mengingat pendidikan anak merupakan prioritas.

Premi Asuransi Kecelakaan Diri

Jenis yang selanjutnya dari premi yakni premi asuransi kecelakaan diri ditujukan untuk mendapatkan uang pertanggungan karena kecelakaan. Premi kecelakaan diri cukup terjangkau, yakni mulai ratusan ribu saja setiap tahunnya.

Premi Asuransi Perjalanan

Jika Anda memiliki rencana untuk melakukan perjalanan, mungkin jenis premi yang satu ini patut dipertimbangkan untuk Anda beli.

Premi asuransi perjalanan adalah premi untuk dapatkan hak atas klaim pertanggungan yang seputar perjalanan Anda, seperti gangguan perjalanan, biaya medis, dan sebagainya.

Premi Asuransi Properti

Sesuai dengan namanya, premi asuransi properti merupakan premi yang akan berikan pertanggungan atas properti Anda saat terjadi suatu musibah ataupun bencana alam, seperti banjir, gempa dan lain sebagainya untuk bisa diperbaiki dan kembali seperti sebelumnya.

Premi Asuransi Kendaraan

Jenis yang terakhir dari premi yakni premi asuransi kendaraan ditujukan untuk dapatkan berbagai macam manfaat pertanggungan yang seputar kendaraan Anda, seperti biaya perbaikan karena kerusakan baik sebagian ataupun kerusakan total, sampai kehilangan kendaraan.

Itulah penjelasan singkat mengenai premi. Seperti yang diketahui, ada banyak jenis asuransi yang bisa Anda pilih

Zehan ID

Zehan.ID Merupakan Situs Opini dan Review segala hal yang sedang viral saat ini, temukan beragam artikel menarik yang bisa anda peroleh disini

Artikel Terkait