Connect with us

Artikel

Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas | Memang Backlink merupakan peran utama yang paling berpengaruh terhadap SEO website. Makanya, aspek yang satu ini tidak bisa dianggap remeh.Namun, perlu diketahui bahwa mendapatkan backlink untuk situs itu ternyata tidak segampang kelihatannya. Bahkan ada sebagian blogger yang rela mengeluarkan uang untuk membeli backlink demi memperbaiki SEO website mereka.

Pasti anda ingin website yang anda kelola itu SEO-nya bagus di mata mesin pencari kan?

Tapi tentu saja kita tidak mengajarkan cara tersebut untuk mendapatkan Backlink.Sebelum lanjut ke pembahasan berikutnya, sebenarnya anda sendiri mengerti atau tidak mengenai backlink ? apa itu yang dimaksud backlink? manfaat backlink?

Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Pengertian, Manfaat, dan Cara Mendapatkan Backlink Berkualitas

Yang kita bahas kali ini adalah mengenai backlink. Tiga aspek inilah yang wajib anda ketahui mengenai backlink, yang akan kita bahas satu persatu secara tuntas.

  • Penjelasan: Apa Itu Backlink?
  • Manfaat Backlink Untuk Blog
  • Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Jika belum mengerti, ada baiknya kita bahas sedikit mengenai Backlink itu sendiri.

  1. Pengertian: Apa Itu Backlink?

Backlink mempunyai nama lain yakni Pranala balik.Selain itu, menurut wikipedia, Backlink juga dikenal sebagai link masuk, inbound link, dan inlink.Backlink sendiri artinya adalah link yang masuk ke sebuah situs web atau halaman web.Dalam terminologi dasar link, backlink adalah link apapun yang diterima oleh sebuah node web (halaman web, direktori, situs web atau domain tingkat atas) dari node web lain.

Intinya secara sederhana, Backlink itu adalah tautan yang mengarah ke situs anda. Baik aktif maupun tidak aktif.Misalnya seperti ini…Anda mempunyai sebuah gambar yang anda buat sendiri.

Lalu anda pasang gambar itu di blog anda.Kemudian ada blogger lain secara sengaja mengambil gambar yang anda buat tersebut. Dan ia pasang di blog miliknya.Akan tetapi untuk menghargai anda, blogger tersebut mencantumkan link aktif berupa sumber gambar yang mengarahkan ke situs anda.Contoh:

  • Gambar dari www.namabloganda.com
  • Sumber: www.namabloganda.com
  • Image: www.namabloganda.com
  • dll

Contoh diatas merupakan backlink.Karena sudah menyebutkan sumber, maka secara tidak langsung blogger yang mengambil gambar buatan anda tersebut telah memberikan Backlink ke website anda.Tidak sampai disitu saja, Backlink juga terbagi menjadi dua bagian:

  1. Backlink Dofollow
  2. Backlink Nofollow

Dengan membaca pengertian beserta contoh diatas tadi, saya rasa anda sudah cukup mengerti mengenai backlink.Jadi, saya tidak terlalu susah menjelaskan dua bagian dari backlink yang akan kita bahas ini.

Backlink Dofollow

Secara singkat, Dofollow adalah backlink yang dapat di klik sehingga mengarah langsung ke situs yang dimaksud.Misalnya seperti kasus gambar tadi. Saya memberikan backlink kepada anda.Jika kita klik tulisan indoworx tersebut, apa yang akan terjadi? Yang pasti kita akan masuk ke dashboard website draft.web.id. Itulah yang dimaksud dengan backlink Dofollow. Intinya seperti ini, Backlink Dofollow adalah backlink yang dapat diklik.

Backlink Nofollow

Ini adalah kebalikan dari backlink Dofollow. Apabila Dofollow dapat diklik, maka Nofollow tidak dapat diklik, dalam artian backlink yang satu ini sama dengan tulisan biasa.

Contoh seperti ini: Image: www.draft.web.id.com (Bukan link aktif, tidak bisa diklik) Itulah yang dinamakan backlink Nofollow.Jadi sudah tahukan, apa itu backlink? dan backlik dofollow dan nofollow? Backlink dofollow merupakan link aktif dan dapat diklik, sedangkan backlink nofollow merupakan link tidak aktif dan tidak dapat di klik.

Saya rasa sampai disini anda-anda sudah mengerti.Jadi kita akan melanjutkan ke pembahasan selanjutnya yakni mengenai manfaat backlink untuk blog. Apakah berpengaruh besar atau tidak? Lalu, berdampak positif atau negatif?

Manfaat Backlink Untuk Blog

Tentu saja salah satu manfaat Backlink yakni untuk SEO. Bahkan tidak tanggung-tanggung, backlink sangat memiliki peranan besar untuk ranking blog anda.Semakin banyak ‘backlink’, maka semakin baik pula kualitas blog kita di mata mesin pencari.

Tapi tentu saja backlink yang berpengaruh positif tersebut adalah backlink yang berkualitas, yang didapatlan dengan cara alami. Bukan backlink hasil nyepam sana sini di komentar blog orang lain. Bahkan, Backlink hasil nyepam justru berdampak buruk terhadap rangking blog.Apa alasannya saya dapat mengatakan kalau backlink hasil nyepam itu berpengaruh buruk terhadap rangking blog? tahu dari mana?Yang jelas saya tidak mengarang hal itu.

Google sendiri yang mengatakan bahwa salah satu aspek penilaian terhadap populernya sebuah situs website maupun laman website salah satunya adalah faktor backlink. Namun seperti yang sudah saya sebutkan, Google lebih suka backlink-backlink yang berkualitas.

Cara Mendapatkan Backlink yang Berkualitas

Walaupun kita tahu bahwa mendapatkan backlink yang berkualitas itu sangat tidak mudah, akan tetapi masih ada cara untuk mendapatkannya. Dalam artian masih dapat membangun backlink berkualitas meskipun sedikit agak susah.Lalu bagaimana caranya mendaptakan backlink yang berkualitas? Yaitu dengan cara;

  • Konten ‘menjual’
  • Penulis tamu
  • Penulis dengan imbalan backlink

Setidaknya ada tiga cara untuk mendapatkan backlink berkualitas.Padahal memang banyak cara mendapatkan backlink selain tiga aspek tersebut. Tapi backlink yang anda dapat tidak berkualitas atau backlink dengan kualitas buruk. Maka dari itu, saya tidak menambahkannya ke topik ini.

Hanya tiga cara itulah yang bisa anda lakukan untuk mendapatkan backlink yang benar-benar berkualitas. Yakni dengan konten ‘menjual’, penulis tamu, dan penulis dengan imbalan backlink.

Konten ‘Menjual’

Mungkin anda masih bingung tentang konten ‘menjual’ yang saya maksudkan di sini.Konten ‘Menjual’ yang saya maksud adalah konten yang anda buat sendiri atau karya anda sendiri.Misalkan gambar, ebook, audio, ataupun hasil survey yang anda buat sendiri.Lalu anda pakai konten-konten buatan anda tersebut untuk keperluan artikel di blog anda.

Sehingga jika ada blogger lain yang membahas hal serupa dengan yang anda bahas, bisa saja blogger tersebut menggunakan konten dan data-data yang sudah anda pelajari atau yang sudah anda buat untuk keperluan artikelnya.Dan biasanya blogger yang meminjam konten punya orang lain akan memberikan sumber konten agar dikatakan kredibel.

Walaupun tidak semua blogger akan memberikan sumber, tapi pasti ada beberapa yang menautkan backlink ke situs anda.Begitulah cara untuk mendapatkan backlink berkualitas dengan  konten ‘menjual’.Oleh sebab itu, mulai sekarang berhentilah nyepam sana-sini di kolom komentar blog orang lain.

Penulis Tamu

Selain menjual konten, anda juga dapat menjadi penulis tamu untuk mendapatkan backlink yang berkualitas.Apa itu penulis tamu? Secara sederhana, penulis tamu adalah blogger yang berkunjung ke blog orang lain dan menulis sebuah artikel untuk blog yang ia kunjungi tersebut.

Bahkan, tidak sedikit blog yang mengijinkan penulis tamu untuk menautkan link aktif di dalam artikel yang ia buat. Belum mengerti?

Maka saya buatkan contohnya Anda menjadi penulis tamu di blog A, dan katakanlah anda menulis artikel tentang budaya di blog A tersebut.Namun, di dalam artikel yang anda buat, anda secara sengaja menyisipkan link aktif yang tertuju ke blog anda. Tapi pemilik blog A mengijinkan saja.Maka setelah artikel itu diterbitkan, otomatis link aktif yang anda sisipkan tadi menjadi backlink untuk blog anda.Itulah cara penulis tamu memperoleh backlink yang berkualitas.

Menulis Dengan Imbalan Backlink

Banyak situs yang menyediakan imbalan setiap kali artikel yang dikirimkan orang lain terbit di situs tersebut.Imbalannya pun beragam, ada berupa uang, ada berupa backlink serta ada juga yang memberikan kedua-duanya.Namun tentu saja menulis di situs-situs seperti itu sangat tidak mudah.

Artikel anda ditinjau oleh petugas situs tersebut. Lalu apabila dikatakan berkualitas, maka pihak peninjau akan menerbitkan artikel anda.Untuk mendapatkan backlink sendiri, salah satunya anda bisa menulis di Hipwee.com.

Situs anak muda yang sukses hanya dalam beberapa bulan saja setelah dibuat.Situs Hipwee salah satu situs yang mempunyai rangking di Google. Bahkan situs ini juga mempunyai pelanggan yang sudah sangat banyak.Oleh karena itu, satu backlink berkualitas dari situs tersebut, maka akan mendongkrak ranking website anda di mesin pencari.

Mungkin itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai Pengertian, manfaat, dan cara mendapatkan backlink berkualitas ini.

Continue Reading
Advertisement
2 Comments

2 Comments

  1. Pingback: Cara Mendapatkan License Key Elementor Pro - Zehan-ID

  2. Pingback: Cara Mendapatkan License Key Elementor Pro Secara Gratis - Zehan-ID

Leave a Reply

don't worry
be happy.

share with the world

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on pinterest
%d bloggers like this: