oleh

Ukuran Kertas F4 dalam CM dan Cara Membuatnya di Word dan Excel

Ukuran Kertas F4 dalam CM – Di Indonesia sendiri ada cukup banyak jenis dan ukuran kertas yang sering dipakai orang, Mulai dari kertas dengan ukuran A, B, C, F dan R. Setiap kertas memang dibuat untuk berbagai kebutuhan, mulai dari untuk dokumen biasa, percetakan, poster, amplop dan untuk kebutuhan mencetak foto. Ukuran kertas F4 adalah salah satu ukuran kertas yang paling sering digunakan orang untuk mencetak dokumen. Ukuran kertas ini juga sering digunakan dalam printing dan fotocopy. Di Microsoft Word sendiri sebenarnya kita bisa dengan mudah memilih ukuran kertas yang diinginkan karena semuanya sudah tersedia lengkap.

Ukuran Kertas F4

Pada dasarnya untuk membedakan ukuran kertas folio atau F4 dengan kertas kuart atau A4 tudaklah sulit. Karena kertas F4 memiliki ukuran yang lebih besar dari kertas A4. Adapun ukuran kertas F4 dalam cm, mm dan inchi adalah sebagai berikut:
  • Ukuran kertas F4 dalam cm adalah 21,0 x 33,0 cm.
  • Ukuran kertas F4 dalam mm adalah 210 x 330 mm.
  • Ukuran kertas F4 dalam inchi adalah 8,27 x 12,99 inchi.
Namun meski begitu ada pula beberapa negara yang menggunakan ukuran kertas 215 x 330 mm. Namun secara umum ukuran kertas yang telah kami sebutkan di atas adalah ukuran kertas yang sering digunakan di berbagai percetakan dan fotocopy.

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 du Word

Di Microsoft Word memang sudah tersedia jenis kertas A4 yang memiliki ukuran hampir sama dengan kertas F4, akan tetapi jika di print maka hasilnya akan terlihat kurang bagus. Untuk itulah kita harus mengaturnya secara manual agar ukurannya bisa sesuai dengan kertas aslinya ketika di print. Nah, berikut ini adalah panduan mengatur ukuran kertas F4 di Microsoft Word.
  1. Kamu bisa langsung buka software Microsoft Word di PC.
  2. Setelah itu kamu bisa pergi ke bagian Layout > Page Setup > Paper > Paper size.
  3. Di bagian Paper Size kamu bisa memasukkan angka 21,0 x 33,0 cm.
  4. Jika sudah kamu bisa klik tombol OK.
Setelah kamu selesai mengikuti panduan di atas, maka secara otomatis ukuran lembar kerja kamu akan mengikuti ukuran kertas F4. Jadi ketika di print hasilnya akan bagus karena ukuran kertasnya sudah sesuai. Selain itu ketika dokumen di simpan maka ukuran kertas yang telah kamu atur tadi tidak akan berubah. Jadi kamu tidak perlu mengatur ulang ketika membuat lembar kerja baru di Microsoft Word. Lalu bagaimana jika di Microsoft Excel apakah caranya masih sama?

Cara Mengatur Ukuran Kertas F4 di Excel

Sebenarnya untuk mengatur ukuran kertas F4 di Microsoft Excel sangatlah mudah dan hampir sama seperti mengatur di Microsoft Word. Di kutip dari Selembar, berikut ini adalah langkah-langkah untuk mengatur ukuran kertas F4 di Mixrosoft Excel.
  1. Jalankan Microsoft Excel di desktop kamu.
  2. Kemudian pilih Tab Page Layout.
  3. Berikutnya pilih Page Setup.
  4. Lalu pada tab Page kamu bisa pilih Options.
  5. Kemudian pada bagian Printer Property kamu bisa memilih Quick Setup.
  6. Selanjutnya pada bagian Printer Paper Size pilih Custom.
  7. Nantinya di bagian ini kamu harus mengatur kertas F4 secara manual, yakni dengan memasukkan angka 210 x 330 mm.
  8. Pastikan juga pada bagian printer properties bagian Printer Paper Size tertulis Custom.
  9. Lalu klik OK.
Nah, bagaimana mudah sekali bukan untuk mengatur ukuran kertas F4 dalam cm di Microsoft Word dan Excel. Jadi dengan cara di atas kamu tidak perlu bingung lagi untuk mengatur ukuran kertas pada lembar kerja di Microsoft Word dan Excel ketika di print nanti.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed