Mengenal Asuransi Jiwa dan Rekomendasi Terbaiknya

Mengenal Asuransi Jiwa dan Rekomendasi Terbaiknya

Saat ini ada banyak produk asuransi yang ditawarkan pada masyarakat, dimulai dari asuransi mandiri hingga asuransi bagi barang berharga.

Dari sekian banyak pilihan asuransi yang dapat Anda gunakan, ada beberapa jenis asuransi yang cukup penting untuk diperhatikan. Salah satunya adalah, asuransi jiwa.

Tidak hanya itu, penggunaannya pun sangat dianjurkan, berikut adalah beberapa jenis asuransi tersebut :

  1. Asuransi Kesehatan, asuransi ini ditujukan untuk menjaga nasabah dari resiko jatuh sakit yang dialaminya.
  2. Asuransi Jiwa, jenis asuransi yang memberikan jaminan finansial bagi ahli waris yang dimiliki, ketika nasabah asuransi meninggal dunia.
  3. Asuransi Unit Link, sering pula disebut sebagai investasi yang dikaitkan dengan asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Dengan asuransi ini, Anda bisa mendapatkan manfaat dari dua jenis asuransi tersebut termasuk nilai tunai investasinya.
  4. Asuransi Mobil, jenis asuransi ini sangat cocok untuk Anda yang tinggal di lingkungan perkotaan, gunanya untuk menghindari resiko kecelakaan dan juga kehilangan.
  5. Asuransi Pensiun, asuransi ini merupakan bagian dari BPJS Ketenagakerjaan, karena itulah ia umumnya bersifat wajib bagi para pekerja.
  6. Asuransi Kecelakaan, ditujukan untuk pemberian santunan bagi nasabah atas resiko kecelakaan yang dapat menyebabkan berbagai macam hal berbahaya. Termasuk diantaranya, cacat, cedera atau bahkan meninggal dunia.
  7. Asuransi Perjalanan, asuransi ini sangat cocok untuk Anda yang sering melakukan perjalanan, utamanya jenis perjanjian internasional karena resiko yang ditimbulkan pun jauh lebih tinggi.
  8. Asuransi Properti, termasuk dalam jenis asuransi umum, layanan ini sangat cocok untuk Anda yang memiliki usaha dengan resiko tinggi.
  9. Asuransi Proyek, jenis asuransi ini ditujukan untuk menanggung resiko finansial yang dapat terjadi kapan saja, utamanya saat berlangsungnya proyek tersebut.
  10. Asuransi Syariah, asuransi ini memberikan proteksi bagi nasabah, utamanya atas kekhawatirannya dari kemungkinan riba yang ada di dalamnya.
  11. Asuransi Sosial, termasuk dalam jenis asuransi yang wajib untuk dilakukan, sedangkan fungsinya sendiri yaitu untuk melindungi masyarakat. Jenis asuransi ini terdiri dari BPJS Kesehatan dan juga BPJS Ketenagakerjaan.
  12. Asuransi Kumpulan, sesuai dengan namanya asuransi ini ditujukan untuk menanggung beberapa orang sekaligus. Karena itulah asuransi ini cocok untuk asuransi keluarga atau bahkan karyawan perusahaan.

Dari sekian banyak pilihan asuransi di bagian atas tadi, produk asuransi jiwa termasuk dalam salah satu jenis asuransi terbaik. Mengapa demikian? Untuk Anda yang ingin tahu informasinya, simaklah uraian berikut :

Mengenal Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah asuransi yang akan memberikan uang pertanggungan sebagai ganti atas hilangnya sumber pendapatan. Seperti halnya akibat kematian yang dialami nasabah asuransi dan lainnya. Dengan kata lain asuransi ini akan memberikan dukungan dalam bentuk finansial bagi mereka yang berperan sebagai ahli waris atau keluarga yang ditinggalkannya.

Fungsi asuransi jiwa

Selain berperan sebagai pemberi dukungan finansial, asuransi ini juga menghadirkan beberapa fungsi lainnya, seperti:

  • Melunasi uutang atau kredit yang tersisa sewaktu hidup
  • Jaminan atas biaya pendidikan anak yang ditinggalkan
  • Keamanan dari segi finansial keluarga
  • Digunakan sebagai warisan.

Keuntungan serta manfaat dari asuransi jiwa

Berikut ini adalah beberapa keuntungan serta manfaat yang ditimbulkan dari penggunaan asuransi jiwa terbaik, di antaranya :

  • Melindungi nasabah dari resiko kematian yang mungkin terjadi
  • Memastikan keberlangsungan hidup dari mereka yang berperan sebagai ahli waris
  • Membantu Anda dalam mengelola keuangan dengan bijak
  • Memberikan manfaat berupa santunan, baik itu bagi mereka yang mengalami cacat permanen atau bahkan cacat sebagian.
  • Ditujukan untuk persiapan pensiun
  • Dapat memberikan rasa nyaman dan juga aman bagi nasabah yang menggunakannya.

Jenis-jenis asuransi jiwa

Jika dilihat dari jenis yang dimilikinya, asuransi ini dapat dibagi menjadi beberapa jenis asuransi berbeda, diantaranya :

  • Asuransi jiwa seumur hidup
  • Asuransi jiwa berjangka
  • Asuransi Unit Link
  • Asuransi jiwa dwiguna.

Tips memilih perusahaan asuransi terbaik

Untuk Anda yang ingin menggunakan produk asuransi jiwa syariah, termasuk jenis produk asuransi lainnya dengan kualitas terbaik. Pastikan Anda memilih perusahaan asuransi yang tepat dengan mempertimbangan hal-hal berikut :

  • Reputasi perusahaan
  • Ketahui kondisi keuangan perusahaan
  • Perhatikan manfaat perlindungan yang ditawarkan
  • Memastikan jumlah premi
  • Lakukan perbandingan dengan perusahaan lainnya

Itulah kiranya penjelasan singkat mengenai asuransi jiwa dan beragam pilihan layanan asuransi lainnya.

 

 

Julian Imron

Halo, Saya adalah penulis artikel dengan judul Mengenal Asuransi Jiwa dan Rekomendasi Terbaiknya yang dipublish pada 1 April 2022 di website Zehan-ID

Artikel Terkait