oleh

Pilihan Software HR Indonesia yang Tepat Untuk Bisnis

-viral-20 views

Rekomendasi dan Pilihan Software HR Terbaik : Bagi para pebisnis, kecanggihan yang ada di era modern saat ini semakin memudahkan mengelola perusahaan terutama dengan munculnya beragam software HR atau HRIS. Sama seperti namanya, software tersebut memang dihadirkan untuk mempermudah pekerjaan divisi HR atau personalia perusahaan.

Bagi perusahaan yang memutuskan untuk memanfaatkan software semacam ini dalam mengelola perusahaan diharapkan dapat membuat HR bisa lebih fokus pada pengembangan personal pegawai.

Sebelum Anda memutuskan memilih software HR, Anda harus tahu bahwa sekarang ini ada beragam penyedia software HR Indonesia. Untuk lebih lengkapnya, langsung simak artikel berikut ini.

Mengenal Apa Itu Software HRIS?

Software HRIS atau disebut juga Human Resource Information System merupakan sebuah sistem yang menggabungkan manajemen sumber daya manusia (MSDM) sebagai disiplin ilmu utama yang mengaplikasikan bidang teknologi informasi ke dalam aktivitas MSDM.

Misalnya seperti perencanaan, menyusun sistem pemrosesan data ke dalam serangkaian langkah yang memiliki standarisasi dan terangkum dalam software.

Secara umum, software ini terbagi menjadi 3 golongan, yaitu HRIS, HCM, dan HRMS. Dalam hal ini HRIS memiliki fungsi mengelola sumber daya manusia, kebijakan, serta prosedur perusahaan.

Lalu HCM adalah software yang di dalamnya mencakup fungsi dari HRIS, manajemen, dan kemampuan global. Sementara HRMS yaitu software yang mencakup keseluruhan fungsi HRIS dan HCS, serta manajemen waktu.

Pilihan Software HR Terbaik

Berikut ini beberapa pilihan software HR terbaik di Indonesia yang bisa jadi pertimbangan Anda dalam mengelola perusahaan.

LinovHR

Pilihan Software HR Indonesia yang Tepat Untuk Bisnis
Pilihan Software HR Indonesia yang Tepat Untuk Bisnis

Software LinovHR jadi pilihan utama yang patut dipertimbangkan. Mereka tidak hanya memiliki HRIS, tetapi juga menyediakan modul payroll yang membuat LinovHR jadi salah satu software untuk mendukung kegiatan HR lebih lengkap.

Selain untuk keperluan administrasi, LinovHR juga memiliki sejumlah modul untuk membantu proses bisnis Anda, diantaranya adalah:

  • Recruitment management (recruitment request, manpower planning)
  • Competency management
  • Time management
  • Performance management
  • Succession management
  • Payroll
  • Reimbursement
  • Loan
  • Learning & development
  • Employee self service

Dengan modul yang lengkap tersebut segala keperluan karyawan akan sangat mudah dilakukan, mulai dari informasi data diri karyawan, pengaturan jadwal kerja, jadwal libur, pembagian tugas, pengajuan cuti, hingga absensi.

Selain itu, LinovHR juga menghadirkan layanan payroll services yang membantu perusahaan menghitungkan gaji beserta tunjangan, dan pajak pph 21.

NaturalHR

Software yang satu ini merupakan software as a service besutan Inggris yang dapat digunakan secara gratis, tanpa trial, iklan, dan sebagainya. NaturalHR sudah dilengkapi dengan beragam fitur, seperti time tracking, employee self-service, pustaka penyimpanan materi pelatihan, hingga penilaian kinerja karyawan.

Akan tetapi NaturalHR belum menyediakan sistem payroll dan kabarnya berencana untuk menghilangkan versi gratisnya untuk diganti ke versi berbayar.

Zenefits

Perlahan tapi pasti, software HR Zenefits mulai banyak diminati di Indonesia. Memakai dasar aplikasi online yang mobile, menjadikannya mudah dalam mengatur payroll dan absensi karyawan. Selain itu, perusahaan juga dapat mengatur jadwal kerja karyawan secara maksimal. Software ini akan sangat cocok digunakan di berbagai perusahaan, baik itu skala kecil, menengah maupun perusahaan berskala besar.

Zoho

Nama Zoho tentu sudah terkenal di luar negeri dan juga Indonesia. Software HR ini menawarkan antarmuka dan fitur profesional seperti informasi lengkap karyawan, time tracking, leave management, serta self-service.

Software ini tersedia dalam versi gratisan dan juga berbayar. Untuk versi gratisnya hanya menyediakan kapasitas penyimpanan terbatas sebesar 250 GB dan tidak termasuk tracking kehadiran.

Kronos Workforce Ready

Software ini bisa dikatakan cocok untuk semua jenis usaha karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan perusahaan, cukup customizable. Software yang berasal dari Amerika Serikat ini lebih fokus kepada pengelolaan karyawan hingga pekerja part-time dalam hal menghitung penggajian.

Salah satu fitur unggulannya seperti absence management yang memungkinkan manajer dapat melihat tingkat kehadiran, jadwal kerja, dan pemindahan shift saat ada kelonggaran waktu.

Lalu ada fitur employee development untuk membantu meningkatkan skill karyawan untuk mengikuti pelatihan yang dapat ditentukan langsung oleh manajer.

Itulah lima software HR yang banyak diminati berbagai perusahaan di Indonesia untuk jadi pertimbangan Anda dalam memilihnya. Sebelum memutuskan menggunakan salah satunya, Anda harus bisa mengetahui apa yang dibutuhkan oleh perusahaan.