4 Browser PC Paling Aman yang Bisa Kamu Coba

Browser PC Paling Aman – Berselancar di internet seolah-olah menjadi sebuah kebutuhan bagi sebagian orang. Entah itu untuk kebutuhan mencari informasi ataupun mencari hiburan. Selain berisikan hal-hal yang menarik dan bermanfaat, tapi di sisi lain berselancar di internet juga bisa sangat berbahaya. Apalagi jika kamu sering masuk ke situs-situs yang tidak jelas dan mengunduh file yang tidak jelas asal usulnya. Pasalnya tak sedikit juga orang yang tak bertanggung jawab yang secara sengaja memasukkan malware pada file yang kita unduh. Jadi setelah proses unduhan selesai dan membuka file tersebut maka secara otomatis perangkat kita akan terjangkit malware berbahaya. Bagi seseorang yang sudah terbiasa berselancar di internet mungkin tak ada masalah dengan hal ini. Namun untuk orang awam tentu akan kesulitan dan bisa saja terjebak dengan hal tersebut. Nah, untuk itulah di artikel kali ini kami sudah memiliki sejumah rekomendasi browser PC paling aman yang dapat kamu gunakan untuk berselancar di internet.

Google Chrome

Google Chrome bisa di katakan menjadi browser yang tidak hanya paling cepat melainkan juga yang paling aman. Bagaimana tidak, Google Chrome bahkan berhasil mendapatkan julukan browser yang paling aman dalam acara peretasan Pwn2Own selama dua tahun berturut-turut. Selama acara berlangsung, browser yang satu ini sama sekali tidak bisa di retas dan mengalahkan para pesaingnya seperti Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Safar dan lainnya. Jadi dari sini sudah bisa terlihat seberapa baiknya tingkat keamanan dari browser ini. Nah, untuk mendapatkannya kamu bisa mengunduh melalui link ini Download Google Chrome for Windows.

Mozilla Firefox

Salah satu kemampuan dari Mozilla Firefox ini adalah dapat membatasi skrip dari satu situs agar tidak membaca data dari satu situs ke satu situs lainnya. Selain itu Firefox juga menggunakan SSL dan TLS untuk melindungi komunikasi server web melalui protokol HTTPS. Mozilla Firefox juga dipandang memiliki sistem keamanan yang jauh lebih baik ketimbang browser bawaan OS seperti Microsoft Edge dan Safari. Sehingga banyak pengguna PC yang gemar menggunakan browser ini apalagi fitur yang diusungnya juga sangat lengkap.

Opera

Di kutip dari situs file-downloaders.com, salah satu fitur keamanan yang membuat Opera sulit untuk dibobol adalah Virtual Private Network atau VPN bawaannya. Di mana fitur ini akan melindungi pengguna ketika berselancar di dunia maya dengan cara mengenkripsi koneksi internet. Tak sampai di situ saja, Opera juga dapat memblokir situs-situs yang di anggap berbahaya serta file yang di anggap mencurigakan. Fitur Ad-block nya juga sangat ampuh untuk memblokir seluruh iklan yang mengganggu pada situs website.

Safari

Meskipun tak berjalan dengan baik pada acara peretasan Pwn2Own namun Safari tetap menjadi browser PC yang paling aman. Dalam acara tersebut para hacker menggunakan bug use-after-free (UAF). Di mana mereka menggunakan enam bug yang berbeda untuk menyerang browser tersebut dan kemudian mendapatkan akses root ke macOS. Namun tim developer Safari tentu tak tinggal diam mereka selalu memperbaharui browser andalannya. Dn sampai saat ini Safari masih layak di sebut sebagai browser yang paling aman sekaligus paling cepat untuk perangkat PC. Nah, itulah tadi deretan browser PC paling aman yang bisa coba kamu gunakan. Dengan menggunakan browser yang memiliki tingkat keamanan tinggi maka kegiatan browsing kamu di dunia maya bisa lebih aman dan nyaman.
Zehan ID

Zehan.ID Merupakan Situs Opini dan Review segala hal yang sedang viral saat ini, temukan beragam artikel menarik yang bisa anda peroleh disini

Artikel Terkait