5 Jajanan Khas Semarang yang Wajib Kamu Bawa Pulang

Jajanan Khas Semarang – Semarang merupakan Ibu Kota dari provinsi Jawa Tengah yang selalu memberikan daya tarik tersendiri bagi setiap orang. Ada banyak alasan mengapa kamu harus berkunjung ke kota Semarang. Selain karena banyaknya lokasi wisata yang dapat kamu kunjungi bersama anggota keluarga. Semarang juga punya beragam kuliner yang wajib untuk kamu cicipi. Jika berbicara soal Semarang, maka jajanan yang paling populer adalah lumpia. Padahal selain lumpia Semarang masih punya banyak jajanan lainnya yang juga tak kalah enak dan layak untuk kamu jadikan sebagai oleh-oleh. Nah, berikut ini beberapa rekomendasi jajanan khas Semarang yang wajib untuk kamu bawa pulang.

1.Tahu Bakso

Suka minum kopi di pagi hari? Kegiatan minum kopu biasanya harus dibarengi dengan camilan sebagai pelengkap suasana. Nah tahu bakso khas Semarang bisa menjadi pilihan camilan yang tepat untuk menemani kegiatan ngopi kamu di pagi hari. Rasanya yang gurih, apalagi jika di santap dalam keadaan hangan serta menggunakan cabe rawit semakin membuat kamu ketagihan untuk memakannya terus. Selain tahu bakso goreng aada pula tahu bakso rebus yang juga tak kalah enaknya.

2.Moci atau Moaci Gemini

Siapa sangka kue moci yang berasal dari negara Jepang ini menjadi salah satu jajanan khas Semarang yang sering di jadikan sebagai oleh-oleh. Salah satu moci yang paling populer di Semarang adalah moci gemini. Dilansir dari situs moacigemini.id jika moci gemini terbuat dari bahan dasar tepung ketan yang di dalamnya berisikan kacang dan gula halus. Dengan bentuknya yang bulat kecil serta teksturnya yang kenyal serta adanya taburan wijen di bagian kulitnya membuat moci gemini khas Semarang ini sangat menggoda.

3.Roti Brillian

Roti brillian atau brillian cake juga dapat menjadi oleh-oleh ketika kamu sedang berada di kota Semarang. Roti ini selalu dibutu oleh para wisatawan sebagai buah tangan. Roti brillian ini bisa kamu dapatkan di intana Brillian yang terletak di jalan simpang lima, Semarang. Roti brillian dibuat dari bahan puluhan serta menggunakan resep tradisional yang masih terjaga ke asliannya sejak turun-temurun. Ada banyak varian rasa yang bisa kamu nikmati mulai dari almond, cokelat hingga kismis.

4.Tahu Petis

Tahu petis memang tergolong jenis makanan yang dapat kamu temukan di daerah lain. Meski begitu, kamu tetap tidak boleh melewatkan untuk mencicipi oleh-oleh khas Semarang ini. Hal itu karena petis yang digunakan pada makanan ini berbeda dan unik dan tidak akan kamu temukan di daerah lain. Tak sampai disitu saja, di dalam tahu tahunya juga di tambahkan sayur sehingga rasanya jadi lebih nikmat. Sementara itu cita rasa petisnya sendiri adalah gurih dan manis. Sehingga jika dipadukan dengan tahu maka akan menghasilkan rasa yang akan membuat kamu ketagihan untuk memakannya terus.

5.Roti Ganjel Rel

Jika dari tadi kita hanya membahas kue atau oleh-oleh kekinian dari Semarang, maka berikutnya kita akan merekomendasi oleh-oleh legendaris dari Semarang yaitu Roti Ganjel Rel. Roti ini benbentuk gelondongan besar yang padat serta memiliki tekstur yang cukup alot. Sebenarnya nama asli dari roti yang satu ini bukanlah ganjel rel akan tetapi roti gambang karena bentuknya yang hampir menyerupai alat musik Gambang. Akan tetapi masyarakat setempat malah lebih sering menyebutnya dengan roti ganjel rel karena bentuknya yang memang mirip dengan ganjelan rel. Nah itulah beberapa jajanan khas Semarang yang bisa kamu jadikan sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang. Ternyata selain lumpia, Semarang juga punya banyak jajanan yang bisa di jadikan sebagai buah tangan.
Zehan ID

Zehan.ID Merupakan Situs Opini dan Review segala hal yang sedang viral saat ini, temukan beragam artikel menarik yang bisa anda peroleh disini

Artikel Terkait