oleh

Collagen Drink : Minuman Kesehatan Kulit dan juga Sebagai Vitamin Kecantikan

Collagen Drink atau Minuman Kolagen sangatlah banyak manfaatnya bagi tuh anda selain untuk menjaga kesehatan kulit, kolagen juga sebagai vitamin untuk kecantikan bagi kaum hawa.

Kolagen adalah salah satu protein yang menyusun tubuh manusia. Keberadaan kolagen dalam tubuh kurang lebih mencapai 30% dari seluruh protein yang terdapat di tubuh.

Kolagen adalah struktur organik yang banyak ditemukan pada jaringan ikat seperti kulit, ligamen dan tendon. Bagian tubuh lain yang juga terdapat kolagen antara lain tulang, gigi, sendi, pembuluh darah, kornea mata dan usus.

Serat kolagen memiliki daya tahan yang kuat terhadap tekanan. Kata kolagen sendiri berasal dari bahasa Yunani yang artinya (bersifat lekat atau menghasilkan pelekat).

Minuman Kolagen

Seiring bertambahnya usia, tekstur kulit kita akan semakin kendur. Hal ini sangat alamiah karena kolagen yang ada dalam tubuh kita semakin berkurang setiap tahunnya.

Para ilmuan telah membuktikan bahwa pada saat usia 25 tahun, kulit kita akan mulai kehilangan kolagen 1.5% setiap tahun.

Dan kita akan kehilangan 50% kolagen (dari usia 25tahun) pada usia 60 tahun. artinya, berawal dari umur 25 tahun tersebutlah keluhan-keluhan pada kulit akan timbul seperti keriput, kulit kering, tidak kenyal dan sebagainya.

Manfaat Minuman Kolagen Untuk Kesehatan

Kolagen diibaratkan sebagai lem yang menyatukan tubuh manusia secara bersamaan. Tanpa kolagen tubuh akan terpisah secara harfiahnya.

Kolagen memberikan kekuatan untuk struktur tubuh dan melindungi struktur kulit dengan mencegah penyebaran zat pathogen, zat beracun lainnya, mikro organism dan sel-sel kanker. Kolagen juga dapat memberikan elastisitas, kelenturan, kekenyalan, kelembaban dan ketahanan pada kulit.

Dengan kulit yang masih elastis inilah seseorang akan terlihat awet muda bebas dari keriput walaupun usia sudah 40 tahun ke atas.

Karena kolagen sangat penting dalam tubuh, maka bisa dipastikan bahwa kekurangan kolagen bisa menimbulkan masalah.

Bahkan, ada beberapa penyakit genetik yang berhubungan dengan kekurangan kolagen. Misalnya, osteogenesis imperfecta, sering disebut sebagai penyakit tulang rapuh yang merupakan hasil dari penurunan kolagen. Berikut sedikit gambaran manfaat minuman kesehatan kolagen :

  • Menjaga kecantikan kulit
  • Menjaga kekuatan otot
  • Mengurangi nyeri dan gesekan pada sendi
  • Menjaga kekuatan tulang dan gigi
  • Menjaga kekuatan rambut dan kuku
  • Membantu untuk menjaga pikiran serta tubuh dalam kondisi baik
  • Menjaga peredaran darah dan kesehatan mata
  • Dapat membuat kulit lebih kencang
  • Mengurangi garis-garis keriput di wajah
  • Dapat mencegah penuaan dini
  • Dapat menjaga elastisitas kulit
  • Menjaga kulit tetap sehat

Kolagen Sebagai Vitamin Kecantikan

Anda mungkin sudah tahu tiga cara dasar terbaik yang bisa bikin kulit yang senantiasa awet muda. Antara lain, melindungi kulit Anda dari sinar radiasi matahari, jangan merokok, dan makan makanan sehat.

Sebagai tambahan, ada juga berbagai jenis vitamin kecantikan yang kandungannya bagus untuk kesehatan kulit wajah. Apa saja itu? berikut ini Berbagai jenis vitamin kecantikan yang baik untuk kulit wajah

1. Vitamin C, E, dan selenium

Penelitian telah membuktikan bahwa vitamin C dan E, dan selenium, dapat membantu perlindungan ekstra untuk kulit Anda dari kerusakan akibat sinar radiasi matahari dan risiko terkena kanker kulit.

Kandungan pada vitamin kecantikan ini bahkan didapuk bisa mengatasi flek hitam dan keriput yang sering ditandai sebagai tanda-tanda penuaan. Sedangkan antioksidan di dalamnya bekerja untuk mempercepat proses pemulihan alami kulit dan mencegah kerusakan kulit lebih lanjut.

Berdasarkan Angka Kebutuhan Gizi (AKG), Anda dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin C sebanyak 1.000-3.000 miligram, vitamin E sebesar 400 IU (dalam bentuk D-alpha-tocopherol), dan 100-200 mikrogram selenium (l-selenomethionine). Ini dilakukan demi mendapatkan manfaat optimalnya, terutama untuk kesehatan kulit.

2. Coenzyme Q10

Coenzyme Q10 adalah antioksidan natural dalam tubuh yang membentuk pertumbuhan sel dan melindunginya dari bahaya kanker. Penurunan kadar Coenzyme Q10 alami yang muncul pada usia lanjut sering diduga sebagai hasil dari penuaan kulit.

Sebuah studi menemukan bahwa mengoleskan krim yang mengandung Coenzyme Q10 pada kulit wajah akan membantu mengurangi keriput. Kebanyakan uji coba menggunakan dosis sebanyak 0.3%.

3. Asam Alpha-lipoic

Asam Alpha-lipoic merupakan salah satu jenis antioksidan sintetis dalam vitamin kecantikan yang sering diproduksi dalam bentuk krim.

Fungsi antioksidan ini membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar matahari. Peneliti menyarankan dosis asam alpha lipoic sebanyak 3% – 5% dalam beberapa hari sekali. Anda bisa meningkatkan dosisnya menjadi sehari satu kali jika ada perkembangan baik di kulit Anda.

4. Asam Retinoat

Asam retinoat adalah bentuk aktif dari vitamin A yang ada di dalam kulit. Kandungan ini merupakan “ratunya” pada produk skincare anti-aging.

Krim asam retinoat berfungsi untuk memperbaiki keriput, flek hitam, dan kulit kasar yang diakibatkan oleh ekspos sinar matahari berlebihan.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Dermatological Science, peneliti menemukan bahwa penanganan dengan asam retinoat terbukti mengembalikan jaringan elastis yang menyatukan jaringan kulit, dan mengurangi penampakan keriput.

Asam retinoat tersedia dalam gel dan krim, biasanya digunakan sekali dalam sehari. Walaupun para dermatolog awalnya menganggap asam retinoat membuat kulit tambah sensitif terhadap matahari, mereka kini menemukan bahwa yang terjadi justru sebaliknya. Asam retinoat mampu melindungi kulit dari kerusakan lebih parah akibat sinar matahari.

Terlalu sering mengoleskan asam retinoat dalam dosis tinggi dapat mengakibatkan kulit menjadi merah, sangat kering, hingga terkelupas. Disarankan untuk mulai dari dosis rendah sampai ke dosis yang sesuai dengan kebutuhan kulit.

5. Flavonoid (dari green tea dan cokelat)

Banyak riset yang membuktikan bahwa kandungan flavonoid dalam green tea atau coklat adalah antioksidan yang kuat dan bisa melindungi kulit dari kanker serta peradangan.

Sebuah studi menemukan, bahwa wanita yang mengonsumsi minuman cokelat hangat dengan konsentrasi flavonoid yang tinggi secara rutin selama 3 bulan mempunyai kulit yang lebih halus dan lembut dibanding dengan wanita yang mengonsumsi minuman yang sama tapi dengan konsentrasi flavonoid yang rendah.

Lalu, studi lainnya menemukan bahwa wanita yang kulitnya diolesi dengan ekstrak green tea akan lebih terlindungi dari efek paparan sinar matahari.

Walaupun tampak menjanjikan, namun dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan jika flavonoid memang bekerja sembari menentukan dosis yang tepat.

6. Vitamin B

Vitamin B merupakan salah satu kandungan vitamin kecantikan yang sangat penting untuk sel-sel dalam tubuh, termasuk sel kulit. Ini bisa Anda dapat dengan mudah di dalam makananseperti ayam, telur, dan padi-padian.

Kekurangan vitamin B dapat menyebabkan kulit yang kering dan gatal. Riset menunjukkan bahwa beberapa vitamin B memberikan hasil yang lebih baik jika dioleskan langsung ke kulit.

Minuman Kolagen untuk Kesehatan Kulit

Minuman kolagen digunakan oleh sejumlah orang untuk menjaga kesehatan kulitnya. Banyak manfaat yang didapatkan dari minuman kolagen, salah satunya adalah membuat kulit agar awet muda. Namun, apakah benar minuman kolagen dapat menjaga kesehatan kulit?

Kolagen itu sendiri merupakan suatu protein struktural yang dapat memberikan kekuatan dan juga membentuk tubuh pada manusia. Kolagen dapat diibaratkan juga sebagai kerangka kasur, elastin diibaratkan sebagai pegas, dan hialutonat diibaratkan sebagai bantalan.

Seiring bertambahnya usia, kandungan kolagen di dalam tubuh juga akan semakin berkurang. Berkurangnya kolagen dalam tubuh dapat mengakibatkan munculnya kerutan halus dan mengendurnya kulit pada tubuh. Produksi kolagen akan lebih lambat sekitar usia 30 tahun.

Minuman kolagen yang terdapat di pasaran adalah minuman yang bahan utamanya berasal dari tulang rawan ikan yang ditambahkan campuran mineral dan vitamin.

” Apakah minuman kolagen bermanfaat untuk merawat kulit? “

Minuman kolagen yang sedang booming saat ini, dari segi manfaat yang diperoleh belum dapat terbukti secara klinis. Sehingga belum terbukti dapat menjaga kesehatan kulit karena kecil sekali kolagen yang sudah diolah menjadi makanan atau minuman dapat sampai ke kulit.

Kolagen yang masuk ke tubuh nantinya akan dipecah menjadi asam amino di saluran pencernaan kita. Selanjutnya asam amino akan diedarkan ke seluruh tubuh yang dirasa membutuhkan seperti organ vital diantaranya jantung, otak, perut, dan lainnya. Akan tetapi kulit tidak termasuk organ vital tersebut.

Jika kamu mengonsumsi makanan yang bergizi tiap harinya, maka kamu juga akan terhindar dari kulit yang berkeriput akibat kekurangan kolagen.

“Lalu siapakah yang perlu mengonsumsi minuman kolagen?”

Minuman kolagen ini dapat diminum siapa saja, salah satunya para lansia karena kemungkinan besar kolagen dalam tubuhnya juga berkurang. Minuman kolagen ini dapat mempertahankan jaringan dan otot pada kulit lansia yang kekurangan kolagen.

Akan tetapi dalam penggunaan minuman kolagen ini perlu konsultasi dokter. Hal itu dikarenakan, minuman kolagen yang dikonsumsi tersebut agar aman dan tidak menimbulkan hal yang tidak diinginkan.

Beberapa ahli berpendapat bahwa minuman kolagen ini tidak perlu diminum oleh orang yang tidak kekurangan kadar kolagen dalam tubuhnya.

Cara alami yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit yaitu dengan mengkonsumsi vitamin A secara berkala atau dapat juga menggunakan krim. Kamu juga dapat menggunakan serum vitamin C untuk menambah produksi kolagen dalam kulit.

Yang tak kalah penting adalah untuk selalu memperhatikan hidrasi pada kulit, kamu dapat menggunakan lotion pelembab agar kulit tetap kencang. Selain itu, jangan lupa untuk menggunakan tabir surya yang dapat menangkal radikal bebas pada aktivitas di luar ruangan.

4 Rekomendasi Merek Minuman Kolagen Terbaik Untuk Kesehatan dan Kecantikan.

Untuk mendapatkan minuman kolagen yang bermanfaat maksimal pada tubuh tidak dapat sembarang pilih. Minuman kolagen yang berkualitas dapat memberikan produksi kolagen yang maksimal dalam tubuh kita. Berikut ini adalah rekomendasi 5 merek minuman kolagen terbaik tahun tahun ini.

1. Kalbe Diva Mixed Berries Drink (Mulai dari Rp. 54.516)

Minuman kolagen ini memiliki double action yang dapat mengurangi kerusakan pada kulit dan meningkatkan jumlah kolagen yang ada pada kulit. Dalam 14 hari pemakaian, hasilnya kulit akan lebih kencang, elastis, lembut, dan pastinya bebas kerutan.

2. Ms. Glow Glasskin Drink Original (Mulai dari Rp. 250.000)

Produk minuman kolagen ini diklaim aman bagi ibu hamil dan menyusui, jadi ibu hamil dan menyusui dapat memberikan nutrisi pada kulit dan merawat secara optimum. Selain itu, kandungan yang terdapat pada minuman kolagen ini ada hyaluronic acid dan L-glutathione untuk melembabkan kulit.

3. Daily Cgen Original (Mulai dari Rp. 350.000)

Daily Cgen merupakan minuman serbuk collagen yang terbuat dari perpaduan bahan-bahan berkualitas dan menggunakan teknologi terbaru yaitu Tripeptide, mengandung Prebiotik dan probiotik serta tanpa pemanis (no sugar added). Halal dan sudah Ber BPOM.

4. Roove Collagen Blueberry Drink (Mulai dari Rp. 288.000)

Roove menyebutkan bahwa produknya ini adalah satu-satunya minuman kolagen yang terdapat ekstrak bahan alami berupa blueberry. Blueberry sendiri memiliki kandungan antioksidan yang tinggi dari vitamin C serta omega 3 yang baik untuk meregenerasi kulit.

Itulah tadi merupakan informasi minuman kolagen Kesehatan Kulit dan juga Sebagai Vitamin Kecantikanserta 4 merek rekomendasi minuman kolagen terbaik tahun ini. Sebelum meminum, pastikan mengikuti dosis yang dianjurkan oleh dokter. Semoga bermanfaat.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed